Dark/Light Mode

PP Singapura-Jakarta

Luhut Nangis Menantu Jadi KSAD

Kamis, 30 November 2023 08:40 WIB
Presiden Jokowi melantik Jenderal Maruli Simanjuntak menjadi KSAD di Istana, Rabu (29/11/2023). Ikut menyaksikan pelantikan Menko Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi melantik Jenderal Maruli Simanjuntak menjadi KSAD di Istana, Rabu (29/11/2023). Ikut menyaksikan pelantikan Menko Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Luhut Binsar Pandjaitan rela terbang pulang pergi (PP) Singapura-Jakarta untuk melihat langsung pelantikan menantunya, Jenderal Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Luhut terharu sampai meneteskan air mata.

Suasana penuh haru itu, terlihat dalam pelantikan Maruli menjadi KSAD) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023). Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu, mengisi posisi KSAD yang kosong setelah Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI.

Luhut yang tengah menjalani pemulihan di Singapura, terlihat hadir di Istana. Perawakannya kini terlihat berbeda, badannya yang semula berisi mulai kurus dan rambutnya yang dulu hitam berkilau telah memutih.

Saat prosesi pelantikan berlangsung, Luhut berdiri diapit oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ia nampak serius memperhatikan Maruli yang sedang diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi.

Baca juga : Hadir Langsung Di Istana, Luhut Menangis Haru Saat Menantunya Dilantik Jadi KSAD

Pelantikan Maruli ditandai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Sebelum resmi dilantik, Maruli mengucapkan sumpah jabatan sesuai agamanya yang dipandu oleh Jokowi. Usai pelantikan, Jokowi dan jajaran pejabat yang hadir seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Panglima TNI Agus Subiyanto memberikan selamat kepada Maruli.

Luhut pun ikut menyalami. Dia bahkan tak tahan untuk memeluk menantunya hingga tak sadar menyerobot antrian. Begitu tiba di hadapan Maruli dan Jokowi, Luhut berdiri tegap dan memberikan hormat.

Setelah bersalaman dengan kepala negara, dia langsung memeluk erat Maruli. Luhut pun tak kuasa menahan air matanya yang mulai membasahi pipinya.

Baca juga : Dari Singapura, Luhut Sampaikan Satu Harapan Di Hari Jadi Pernikahan Ke-52

Tak hanya memeluk Maruli, Luhut juga memeluk anaknya, Paulina Panjaitan yang ikut menemani suaminya dilantik menjadi KSAD. Paulina pun terlihat berusaha menenangkan Luhut sambil mengusap air matanya.

Setelah seremoni usai, Maruli mengungkapkan alasan mertuanya menangis. Dia bilang, dulu Luhut juga punya cita cita jadi KSAD. "Cuma ya sekarang cukup mantunya ajalah," kata Maruli, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Maruli mengatakan, usai mendapatkan informasi pelantikan menjadi KSAD, Luhut cukup antusias dan memutuskan untuk hadir langsung dalam pelantikan. Namun, setelah ini Luhut akan kembali ke Singapura. "Ya mungkin kita acara di rumah malam, besok kembali lagi," katanya.

Terkait tugas barunya sebagai KSAD, Maruli yang kini berpangkat Jenderal menegaskan TNI Angkatan Darat akan bersikap netral di Pemilu 2024. Dia juga meminta peran serta dari masyarakat, untuk melapor jika ada oknum TNI AD yang bersikap tidak netral.

Baca juga : KSAD Diumumkan Pekan Ini, Menantu Luhut di Atas Angin

“Karena zaman sekarang itu kan mencari bukti itu tidak sulit. Banyak orang tiba-tiba sudah ada rekaman video, sudah ada ini. Jadi sangat mudah sebenarnya. Saya pikir Angkatan Darat khususnya akan cepat merespons hal-hal seperti ini. Kalau sudah ada bukti ya kita pasti ada tindakan," tuntasnya.

Di dunia maya, netizen ikut terharu dengan kehadiran Luhut di Istana. Sebab, sudah hampir tiga bulan menteri yang paling banyak diberi tugas oleh Jokowi itu, absen dalam pekerjaannya karena sedang pemulihan di Singapura.

“Selamat datang kembali Pak Luhut,” ujar akun @kuningemass. “Beliau kelihatan kurus dan baru sadar kalau rambutnya putih. Perasaan masih hitam dulu. Sehat-sehat terus opung,” kata @Idatidut9. “Sehat terus opung, tanpa opung dunia persilatan terlihat gaduh,” sahut @SydnyLog.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.