Dark/Light Mode

Hadir Langsung Di Istana, Luhut Menangis Haru Saat Menantunya Dilantik Jadi KSAD

Rabu, 29 November 2023 15:59 WIB
Menko Marves Luhut Pandjaitan tak kuasa menahan tangis haru, saat memeluk menantunya, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, usai dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Foto: YouTube)
Menko Marves Luhut Pandjaitan tak kuasa menahan tangis haru, saat memeluk menantunya, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, usai dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada momen mengharukan di tengah pelantikan Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Mertua Maruli, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang telah sebulan lebih menjalani masa pemulihan di Singapura, hadir dalam acara tersebut.

Luhut terlihat berdiri di antara Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Pertahanan yang juga capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Rambut dan kumisnya dibiarkan memutih, tanpa semir hitam. 
 

Baca juga : Dari Singapura, Luhut Sampaikan Satu Harapan Di Hari Jadi Pernikahan Ke-52


Dia tak kuasa menahan tangis haru, saat menyalami menantunya dan memeluk putri sulungnya, Paulina Pandjaitan yang akrab disapa Uli. 

Luhut yang datang bersama istri tercinta, Devi Simanjuntak, menjadi orang nomor dua yang menyalami Maruli, setelah Presiden Jokowi. Sebelumnya, Luhut tampak memberikan hormat kepada Jokowi. Keduanya sempat berbincang sebentar. Sesekali Jokowi menepuk lengan Luhut. Saat berbincang dengan Jokowi, ada raut haru yang begitu jelas, terpancar dari wajah Luhut. 

Begitu melihat sang mertua datang menghampiri, Maruli sigap memberikan hormat. Luhut yang mengenakan setelan jas warna hitam, kemeja putih, peci hitam, dan dasi merah pun membalasnya. Menantu dan mertua itu, lalu berpelukan.

Baca juga : Menangis Saat Pidato Usai Dilantik Jadi Ketua MK, Suhartoyo Ungkap Penyebabnya

Setelahnya, Luhut merangkul erat putrinya, Uli, yang siang itu memakai kebaya warna kuning dengan rambut disanggul rapi.

Baru setelah itu, Maruli menyalami para pejabat yang hadir. Antara lain, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Maruli Simanjuntak dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Baca juga : Hasi Liga Italia: Inter Menang, AC Milan Tumbang

Maruli menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang telah dilantik menjadi Panglima TNI. Atas pelantikan ini, Maruli mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal. Kenaikan pangkat tersebut diberikan berdasarkan Keppres Nomor 104/TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.