Dark/Light Mode

Ribuan Mahasiswa dari Puluhan Kampus di Sumut Gelar Mimbar Demokrasi

Kamis, 30 November 2023 21:15 WIB
Para mahasiswa di Medan, Sumatera Utara, saat menggelar mimbar demokrasi, Kamis (30/11). (Foto: Istimewa)
Para mahasiswa di Medan, Sumatera Utara, saat menggelar mimbar demokrasi, Kamis (30/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelombang mimbar demokrasi dari kalangan mahasiswa dan rakyat sebagai bentuk penolakan terhadap dinasti politik terus meluas. Setelah Jawa Timur dan Yogyakarta, sekarang giliran para mahasiswa di Sumatera Utara yang melakukan aksi.

Ribuan mahasiswa tersebut berasal dari 23 kampus di Sumatera Utara. Mereka menggelar mimbar demokrasi di Lapangan Reformasi, Universitas Katolik Santo Thomas (UNIKA ST Thomas), Medan, Kamis (30/11).

Baca juga : Cetak Pengusaha Muda Dari Kampus, Presuniv Gelar Seminar Entrepreneurship

Dalam orasinya, Ketua BEM Fakultas Hukum UNIKA ST Thomas, Mujur Leonardo Manalu, mengkritisi perkembangan politik yang terjadi saat ini. “Seperti politik dinasti oleh oligarki kekuasaan,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (30/11).

Saat ini, dilanjutkan Leonardo, mahasiswa dan seluruh rakyat Indonesia sedang berada di persimpangan jalan. Pilihannya, terus menapaki cita-cita reformasi demi tegaknya demokrasi atau berbalik mengulang kelamnya Orde Baru.

Baca juga : Elemen Mahasiswa Jogja Gelar Mimbar Kerakyatan Tolak Putusan MK

Oleh karena itu, Leonardo menyerukan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berani dan kritis menyikapi perkembangan politik saat ini. “Kami mahasiswa dari berbagai kampus di Sumatera Utara menyatakan dengan tegas menolak politik dinasti dengan segala praktiknya,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.