Dark/Light Mode

Gandeng IGI, Odysee Education Dorong Pelatihan Dan Rekrutmen Guru

Jumat, 1 Desember 2023 08:57 WIB
Gandeng IGI, Odysee Education Dorong Pelatihan Dan Rekrutmen Guru

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketersediaan guru masih menjadi masalah di sektor pendidikan. Berdasarkan data Kemendikbudristek, Indonesia saat ini masih kekurangan guru hingga 781 ribu orang.

Kemendikbudristek mencatat masih ada 288 kecamatan di Indonesia yang tidak memiliki SMP dan 681 kecamatan tak punya SMA.

Odysee Education, salah satu perusahaan rintisan yang fokus di teknologi pendidikan hadir untuk membantu mencarikan peningkatan jumlah, pengembangan kompetensi dan profesionalitas guru.

Baca juga : Sambut IKN, Universitas Mulia Balikpapan Dorong Pemanfaatan Teknologi

Untuk itu, Odysee Education menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada Minggu (26/11/2023) bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 IGI 2023.

Melalui kerja sama ini, diharapkan Odysee Education dapat membantu hampir 200 ribu anggota IGI dalam mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualifikasinya melalui platform digital Odysee Education.

Perjanjian kerja sama ini, bertujuan untuk visi dari kedua belah pihak yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia secara menyeluruh dari segi pengajarnya.

Baca juga : Gandeng BI, BNI Xpora Sasar Pasar Korea Selatan dan Jepang

CEO Odysee Education Benedict Christiano Alfin mengungkapkan, sebagai institusi yang berfokus pada pendidikan selama 30 tahun, konsultan Odysee telah membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan berkarya, mendirikan dan memimpin sekolah-sekolah di Indonesia dan membantu meningkatkan mutu pendidikan melalui sistem manajemen sekolah.

"Sebagai konsultan manajemen sekolah, kami merasakan sendiri kesulitan dalam mendapatkan tenaga pendidik yang sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan sekolah," ungkap Benedict dalam keterangan resminya, Jumat (1/12/2023).

Odysee Education hadir untuk membangun sebuah jaringan digital melalui platform website sebagai tempat bergabungnya sekolah dan guru yang dapat memfasilitasi pelatihan-pelatihan dan juga rekrutmen guru ke sekolah-sekolah.

Baca juga : Hari Guru, Pemerintah Dorong Percepatan Kesejahteraan Guru

Hal ini demi terbentuknya sebuah komunitas yang akan menstimulasi peningkatan kualitas dan pemerataan jumlah guru di seluruh Indonesia.

Deputi Ketua Umum GI Jasmansyah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terjalinnya kerja sama dengan Odysee Indonesia.

"Tentu saja kita sangat berharap, kerja sama ini bisa menghasilkan hal yang positif, terutama untuk pengembangan kualitas guru dan pendidikan di Indonesia," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.