Dark/Light Mode

Ganjar-Mahfud Dominasi Suara Nahdliyin, Catat 69 Persen Suara

Jumat, 1 Desember 2023 14:08 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dalam sebuah acara di pondok pesantren di Madura. (Foto: Istimewa)
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dalam sebuah acara di pondok pesantren di Madura. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi Muda Nahdlatul Ulama (NU) melakukan polling di media sosial X terkait pasangan Capres-Cawapres pilihan netizen warga nahdliyin.

Hasilnya, Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh suara terbanyak, yakni 69 persen atau 61.361 responden.

Urutan kedua polling ini ditempati oleh Capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Pasangan ini memperoleh 25 persen atau 22.233 suara.

Baca juga : Mahfud: Tingkat Kepuasan Bidang Polhukam Capai 79 Persen

Sedangkan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming berada di posisi buncit. Pasangan yang diusung Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat itu hanya meraup enam persen atau 5.335 suara.

Polling yang digelar Akun media sosial X @GenerasiMuda_NU ini dibuka pada Selasa (28/11/2023) pukul 10.00 dengan melibatkan 88.929 responden.

"Yuk polling Jelang Kampanye, siapakah nomor Capres pilihan kalian? Tulis alasan di komentar ya guys 1=25 persen, 2=6 persen, 3=69 persen," demikian hasil final yang terpampang dalam akun tersebut.

Baca juga : Masuki Fase Bonus Demografi, Keluarga Jadi Pintu Utama Perbaikan Kualitas SDM

Sekadar informasi, para kontestan Pilpres 2024 mendatang sudah resmi memulai kampanye sejak Selasa (28/11/2023).

Mereka bakal berjibaku merebut suara hati rakyat, dan salah satu lumbung suara yang sangat diincar oleh setiap paslon adalah warga NU.

Berdasarkan data lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Juli lalu, jumlah pemilih NU, baik yang aktif maupun tidak aktif, mencapai 20 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.