Dark/Light Mode

MASINDO Soroti Pentingnya Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Jumat, 1 Desember 2023 15:54 WIB
Masyarakat Sadar Risiko Indonesia MASINDO menggelar webinar bertajuk Upaya Preventif  Sadar Risiko Penyakit Tidak Menular.Acara yang berlangsung di Jakarta, Kamis (30/11/2023). Foto: Istimewa
Masyarakat Sadar Risiko Indonesia MASINDO menggelar webinar bertajuk Upaya Preventif Sadar Risiko Penyakit Tidak Menular.Acara yang berlangsung di Jakarta, Kamis (30/11/2023). Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik Center of Youth and Population Research (CYPR), Boedi Rheza, turut memberikan pandangan tentang peningkatan prevalensi PTM dan urgensi riset serta inovasi dalam mengatasi masalah ini.

"Peningkatan ini menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk edukasi dan kebijakan kesehatan yang lebih efektif seperti konsep pengurangan risiko, mengingat dampak PTM terhadap kualitas hidup dan beban ekonomi di masyarakat," jelas Boedi.

Boedi menyoroti pentingnya intervensi dini untuk mengubah perilaku berisiko, seperti konsumsi alkohol dan rokok, yang semakin umum di masyarakat Indonesia. Kenaikan signifikan dalam kasus kanker, stroke, dan penyakit ginjal kronis, seperti yang ditunjukkan oleh data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018, mencerminkan tantangan kesehatan yang dihadapi generasi muda saat ini.

Baca juga : Israel-Hamas Kasih Sinyal Gencatan Senjata Mau Diperpanjang

"Ini bukan hanya tentang angka, tetapi tentang memahami dan merespons tren ini dengan strategi kesehatan publik yang efektif," ucap Boedi.

Ia mengambil contoh untuk mengurangi prevalensi perokok dewasa, dapat diterapkan konsep pengurangan bahaya tembakau, seperti produk tembakau alternatif dan terapi penggantian nikotin.

Menurut Boedi, penggunaan data real-time dalam memantau prevalensi dan tren PTM adalah salah satu kunci untuk mendukung analisis komprehensif faktor risiko dan pengembangan kebijakan berbasis bukti ilmiah.

Baca juga : Kapolri: Patroli Dalam Kerangka Pengamanan Pemilu, Tidak Lebih Dari Itu

"Kita harus memahami pentingnya riset dan inovasi dalam menangani PTM. Kebijakan kesehatan yang efektif harus berfokus tidak hanya pada pengurangan dampak buruk tetapi juga menyediakan informasi lengkap dan akurat kepada masyarakat," pungkasnya.

Melalui webinar ini, MASINDO berharap dapat terus memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pencegahan dan pengelolaan PTM.

Dengan inisiatif yang berfokus pada pendidikan, advokasi, dan kolaborasi, webinar ini tidak hanya menjadi forum diskusi, tetapi juga platform aksi yang mendorong perubahan positif dalam masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.