Dark/Light Mode

Dukung Netralitas Polri, Ganjar: Saya Anak Polisi

Jumat, 1 Desember 2023 21:41 WIB
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo angkat bicara terkait isu netralitas para penegak hukum di Pemilu 2024. Ganjar yakin, secara institusi, para penegak hukum bisa bersikap netral.

Sebelumnya, Ganjar sempat mendengar ada cerita-cerita tentang oknum aparat negara yang bersikap tidak netral dengan mencopot baliho Capres-Cawapres tertentu di beberapa daerah.

Baca juga : Kunjungi Universitas Di NTT, Ganjar Berbagi Pengalaman Suka Duka Saat Kuliah

"Namun saya kira secara institusi (mereka) tidak berani," kata Ganjar seperti dilihat dari tayangan YouTube Akbar Faisal Uncensored, Jumat (1/12/2023).

"Kemarin tertuduhnya di beberapa tempat, polisi umpama, nah saya anak polisi, saya orang yang percaya lembaga kepolisian pasti akan bisa menegakkan (hukum)," tambah Ganjar.

Baca juga : Ray Rangkuti: Panja Netralitas Polri Untuk Jaga-jaga

Mantan gubernur Jawa Tengah itu pun mengaku punya kedekatan dengan banyak anggota polisi dan TNI. Kedekatan ini membuat oknum aparat hukum menjadi tidak 'enak hati' jika bersikap tidak netral, khususnya terhadap pasangan Ganjar-Mahfud MD.

Walau pun demikian, Ganjar menyebut Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud sudah menyiapkan posko pengaduan, jika di lapangan terjadi tindakan kesewenang-wenangan seperti mencopot baliho.

Baca juga : Goenawan Mohamad: Rakyat Jangan Asal Pilih Pemimpin!

"Maka mengembalikan koridor, agar kemudian tidak terlanjur, tidak kebablasan, maka itu adalah effort-effort yang baik, dan kami sekarang membuat tim untuk mengantisipasi itu, termasuk satgas yang kerja di bawah," tutup dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.