Dark/Light Mode

Kualitas Udara Membaik

Hujan Cuci Polusi DKI

Senin, 27 November 2023 07:30 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: PPID DKI Jakarta)
Juru Bicara Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: PPID DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan memberikan dampak signifikan dalam mencuci alias membersihkan polusi. Kualitas udara terpantau membaik setelah Jakarta dan sekitarnya mulai sering diguyur hujan.

Pada Sabtu (25/11), pukul 10.00 WIB, IQAir menempatkan Jakarta di urutan kesembilan da­lam daftar kota besar terpolusi di dunia. Platform informasi kuali­tas udara ini mencatat indeks AQI US Jakarta sebesar 158. Dalam beberapa hari ke depan, IQAir memprediksi kualitas udara di Jakarta akan lebih baik, berada dalam zona oranye (tidak sehat bagi kelompok sensitif) dan kuning (sehat).

Baca juga : Muhammadiyah Yakin Ganjar-Mahfud Kembalikan Demokrasi

Kemarin, Jakarta berada di zona oranye dengan AQI US 126. Hari ini, Senin (27/11), in­deks AQI US Jakarta diprediksi sebesar 126. Selasa (28/11), diperkirakan berada di zona kuning dengan AQI US 76. Rabu (29/11), zona kuning dengan AQI US 73. Kamis (30/11), zona kuning dengan AQI US 64. Dan Jumat (1/12), di zona kuning dengan AQI US 62.

Kendati begitu, Juru Bicara Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Provinsi DKI Jakarta Ani Rus­pitawati memastikan, pihaknya akan tetap melakukan dan menerapkan kebijakan untuk perce­patan penanganan polusi udara.

Baca juga : Dubes Rusia Tawarkan Pembangunan Energi Nuklir Di IKN

“Pemprov DKI masih terus melakukan upaya perbaikan kualitas udara di Ibu Kota. Saya sampaikan terima kasih kepada berbagai instansi yang telah memberikan support secara penuh dalam penanggulangan polusi udara di Jakarta. Semoga udara di Jakarta semakin baik dan sehat,” harap Ani di Jakarta, Jumat (24/11).

Ani mengungkapkan, jum­lah water mist yang terpasang hingga 24 November 2023 se­banyak 177 unit di 143 gedung. Alat itu terpasang di gedung Pemerintah dan swasta. Dan, sebanyak 27 unit water mist se­dang dalam proses pemasangan di 21 gedung lainnya.

Baca juga : Jelang Pemilu 2024, Wapres Minta Ulama Ademkan Suhu Politik

Untuk penyiraman jalan-jalan protokol, papar Ani, terus dilaku­kan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Ja­karta hingga 22 November 2023. Penyiraman dilakukan di 541 lokasi di seluruh wilayah Jakarta, dengan mengerahkan 530 mobil dan 2.074 personil damkar.

Hingga 24 November 2023 pukul 09.00 WIB, terdapat 1.242.042 kendaraan roda empat dan 133.679 kendaraan roda dua yang telah melakukan uji emisi. Tempat uji emisi tersebut telah tersedia di 347 bengkel untuk kendaraan roda empat dengan jumlah teknisi sebanyak 963 orang. Dan, 119 bengkel untuk kendaraan roda dua dengan jum­lah teknisi sebanyak 205 orang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.