Dark/Light Mode

Sri Ratna Laksmiastuti Octavian Luncurkan Buku “Penyakit Gingiva pada Anak”

Minggu, 3 Desember 2023 15:48 WIB
Buku Penyakit Gingiva pada Anak yang ditulis Dr. drg. Sri Ratna Laksmiastuti Octavian, Sp.KGA. (Foto: Istimewa)
Buku Penyakit Gingiva pada Anak yang ditulis Dr. drg. Sri Ratna Laksmiastuti Octavian, Sp.KGA. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyakit jaringan penyangga gigi bersama karies gigi, merupakan penyakit gigi dan mulut yang paling banyak dijumpai di masyarakat, termasuk pada anak. Gingiva atau gusi merupakan jaringan penyangga gigi yang tampak secara klinis dalam rongga mulut. Prevalensi penyakit periodontal/periodontitis di Indonesia menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 adalah sebesar 74,1 persen.

Perhatian para dokter gigi dan orang tua umumnya lebih terfokus pada karies gigi atau gigi berlubang. Penyakit periodontal yang gejala awalnya berupa gingivitis atau keradangan pada gingiva bila tidak dirawat dengan baik akan dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah, melibatkan kerusakan jaringan penyangga gigi yang lebih dalam. Penelitian dan pembahasan tentang tentang penyakit periodontal pada anak tidak sebanyak seperti pembahasan dan penelitian tentang karies.

Baca juga : Akhiri Tugas di BPOM, Penny K Lukito Luncurkan Buku Karya dan Kiner7a

Buku “Penyakit Gingiva pada Anak” yang ditulis Dr. drg. Sri Ratna Laksmiastuti Octavian, Sp.KGA diterbitkan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan kedokteran gigi, khususnya ilmu kedokteran gigi anak. Buku ini antara lain membahas tentang definisi, epidemiologi, faktor etiologi, faktor risiko, pathogenesis, klasifikasi, aspek genetik, aspek mikrobiologi, penegakkan diagnosis dan penatalaksanaan penyakit gingiva pada anak.

Buku ini dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan untuk sejawat dokter gigi dan tenaga kesehatan lain dalam praktik sehari-hari, juga untuk para mahasiswa kedokteran gigi dalam menjalani kegiatan klinik profesi. Pengetahuan yang memadai serta pemahaman yang baik tentang penyakit gingiva pada anak diharapkan dapat berkontribusi pada tujuan mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut anak Indonesia.

Baca juga : Di Rakornas, Mendagri Tekankan Pentingnya Pelayanan Dukcapil

Dr. drg. Sri Ratna Laksmiastuti Octavian, Sp.KGA adalah dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak yang sehari-hari bekerja sebagai Staf Pengajar di Bagian Ilmu Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.