Dark/Light Mode

Lancar Beribadah, Kepastian Jamaah Haji Sehat Dilakukan Sebelum Pelunasan Bipih

Selasa, 5 Desember 2023 16:54 WIB
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kanwil Kementerian Agama Kemenag DKI Jakarta Saiful Amri (kanan) saat membahas soal pelunasan ibadah haji. (Foto: Istimewa)
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kanwil Kementerian Agama Kemenag DKI Jakarta Saiful Amri (kanan) saat membahas soal pelunasan ibadah haji. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Istitha’ah kesehatan calon jamaah haji 2024 akan dilakukan sebelum pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Kebijakan ini sebagai upaya agar jamaah haji dapat menunaikan rangkaian ritual ibadah dengan aman, nyaman dan lancar.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DKI Jakarta Saiful Amri mengatakan, istitha'ah adalah istilah Fiqih yang artinya kemampuan.

Baca juga : Pancasila Wadah Persatuan Anak Bangsa untuk Hidup Rukun dan Saling Kenal

Mengingat haji ibadah yang sangat membutuhkan energi, maka istitha'ah kesehatan sangat diperlukan.

"Seperti thawaf, wukuf dan rangkaian ibadah haji lainnya itu mengharuskan jamaah menempuh perjalanan berkilo-kilo meter. Ini tentu membutuhkan kesehatan dan fisik yang prima," kata Saiful di Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023).

Diungkap Saiful, selama ini istitha’ah kesehatan haji dilakukan menjelang keberangkatan jamaah haji di Asrama Haji Embarkasi.

Baca juga : Lestari: Kewirausahaan Anak Muda Harus Ditumbuhkan Sejak Dini

Kebijakan tersebut kerap menimbulkan masalah ketika hasil pemeriksaan menyebutkan jamaah tersebut tidak memenuhi syarat kesehatan.

“Apalagi banyak jamaah yang sebelum berangkat haji itu mengadakan acara walimatul safar haji, sampai di-adzani segala. Sulit bagi mereka untuk gagal berangkat jika sudah sampai embarkasi,” ujar Saiful.

Dengan pemeriksaan kesehatan dilakukan sebelum pelunasan Bipih, diharapkan jamaah akan lebih menerima hasilnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.