Dark/Light Mode

Warga Sunda Merasa Sangat Dekat

Seniman Dan Generasi Muda Bandung Beri Mahfud Julukan Uwa

Sabtu, 9 Desember 2023 22:01 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat Meet and Greet, Bandung Interactive Hub, Jalan Maskumambang Nomor 39, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat Meet and Greet, Bandung Interactive Hub, Jalan Maskumambang Nomor 39, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Budayawan, seniman, generasi muda serta influencer Bandung memberikan gelar panggilan Sunda kepada Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD. Julukan Sunda barunya, Uwa Mahfud.

Panggilan itu diberikan kepada Cawapres dari Ganjar Pranowo saat Meet and Greet, Bandung Interactive Hub, Jalan Maskumambang Nomor 39, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023).

Seniman Sunda, Budi Dalton menilai warga Jabar harus menyematkan sapaan khusus kepada Mahfud. Karena warga Sunda merasa sudah akrab dan dekat dengan tokoh tegas berintegritas yang juga punya julukan pendekar hukum dan konstitusi ini.

"Banyak sekali di dalam momen Pilkada atau Pilpres itu kan ingin punya sapaan," kata dia.

Baca juga : Ini Cara Ganjar Ciptakan Lapangan Kerja Dan Atasi Pendapatan Rendah Masyarakat

Budi memberi alasan, mengapa Mahfud lebih pas dipanggil Uwa. Sebab, sapaan Mang kerap dikonotasikan dengan pedagang. Senads, Kang yang dinilai terlalu normatif. Uwa paling pas digunakan untuk menyapa kakak dari orangtua.

"Kita melihat posisi bapak yang memang kalau dalam buku Sunda itu bapak itu ramah. Jadi romo sudah ada di taraf selesai dalam hidup. Maka, uwa adalah sebutan yang paling berharga, Wwa kami," ucap dia.

Mahfud bahagia dipanggil Uwa. Dia meminta kepada para pendukungnya dari Sudnda bila berjumpa, memanggilnya sebutan Uwa Mahfud.

"Terima kasih. Jadi setiap kapan pun kita ketemu, panggil aja Uwa Mahfud," ujar dia.

Baca juga : 2 Warga Solok Selatan Korban Erupsi Marapi Belum Ditemukan

Tak hanya menyematkan panggilan tanda keakraban, dalam kegiatan itu, Budi Dalton juga menyerahkan penutup kepala dan baju khas Sunda kepada Mahfud. Mantan Ketua MK ini juga bernyanyi Indonesia Pusaka dan Neng Geulis bersama sejumlah seniman dan penyanyi.

Dalam kesempatan ini, Mahfud menambahkan, dirinya bersama Capres Ganjar Pranowo akan menegakkan hukum dan memberantas korupsi. Mahfud menyebut ia perlu dukungan dari masyarakat dan milenial.

"Kita akan mempertegas langkah-langkah kita untuk menegakkan hukum, memberantas korupsi dan untuk itu kita perlu dukungan dari masyarakat terutama anak-anak milennial ini," ajaknya.

Diketahui Bandung Interactive Hub merupakan posko Ganjar-Mahfud di Kota Bandung. Berbeda dari posko-posko relawan, BIH menampilkan warna khas Bandung.

Baca juga : Dapat Dukungan Kiai Dan Santri Mataraman, Mahfud Pesan Jaga Kerukunan

"Lebih dari itu, di tempat ini dapat dilakukan interaksi semua kalangan, dengan suasana cafe yang cozy dan sangat cocok untuk kaum milenial. Jadi, sambil ngopi cantik, bisa ngobrol-ngobrol kondisi bangsa terkini. Sudah semestinya kita tidak takut dan tabu bicara politik," kata Iwan Setiawan, penggagas Bandung Interactive Hub (BIH).

Selain itu, BIH kata Iwan, menyediakan konsultasi hukum gratis untuk masyarakat umum yang membutuhkan. Hal ini sejalan dengan misi dan sosok Mahfud MD sebagai pendekar hukum Indonesia yang dikenal bersih, tegas, dan berani.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.