Dark/Light Mode

Lantik Pj Bupati Lahat, Agus Fatoni Minta Farid Tuntaskan Program Prioritas

Minggu, 10 Desember 2023 22:54 WIB
Pj Bupati Kabupaten Lahat Muhammad Farid (Foto: Istimewa)
Pj Bupati Kabupaten Lahat Muhammad Farid (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberikan perhatian khusus kepada Muhammad Farid sebagai Pj Bupati Kabupaten Lahat untuk menuntaskan program prioritas. Hal ini disampaikan Fatoni dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Farid, di Rumah Dinas Gubernur Sumsel, Griya Agung, Palembang, Sabtu (9/12). 

Menurut Fatoni, sudah banyak tugas menanti Farid sebagai Pj Bupati Lahat. Tugasnya bukan hanya melanjutkan pembangunan dan memastikan pemerintahan bisa berjalan dengan baik, namun juga menuntaskan program prioritas.

"Tugas-tugas pemerintahan sangat banyak dan diperlukan kemampuan yang mumpuni serta pemahaman yang cepat. Begitu dilantik langsung bekerja, ini perlu pemahaman cepat agar tugas dapat berjalan lancar," ucapnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Minggu (10/12).

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Tandatangani Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Sumsel

Fatoni berpesan agar Farid dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk bisa membangun Lahat dan mensejahterakan masyarakat. Fatoni mengatakan, Sumsel baru saja berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Keberhasilan itu tak lepas dari kerja sama semua pihak, baik TNI Polri, pemerintah, maupun seluruh jajaran. 

“Di akhir tahun ini, Sumsel dimungkinkan dihadapkan pada situasi yang baru yaitu adanya kemungkinan banjir dan juga longsor yang juga perlu diantisipasi,” imbuhnya. 

Fatoni lalu meminta Farid untuk segera menuntaskan sejumlah program prioritas. Di antaranya mengatasi inflasi, menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem, serta tidak kalah pentingnya menyukseskan Pemilu dan Pemilukada 2024. 

Baca juga : Ikuti Senam Sehat, Caleg PPP Sintawati Silaturahmi Dengan Warga Jaksel

Fatoni lalu menyoroti masalah kemiskinan ekstrem yang menurutnya masih menjadi tugas untuk ditangani secara bersama-sama. Dengan potensi lahan sangat besar serta banyak pengusaha, menurutnya, dapat diajak bekerja bersama untuk membangun Lahat dan juga menuntaskan kemiskinan. 

Mengenai stunting, menurut Fatoni, perlu dicermati dan dicek betul siapa saja yang punya keluarga yang punya potensi stunting di Lahat. "Kalau kita punya data yang valid by name by address, bisa kita jadikan anak asuh baik oleh pemerintah dan pejabat serta para pengusaha-pengusaha sehingga penanganan stunting bisa cepat kita selesaikan," jelas Fatoni.

Pelantikan Farid sebagai Pj Bupati Kabupaten Lahat merupakan tindak lanjut Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3 - 6242 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Lahat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.