Dark/Light Mode

Amankan Libur Nataru, Polri Gelar Operasi Lilin pada 22 Desember-2 Januari

Senin, 11 Desember 2023 19:32 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Tangkapan layar)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri menyiapkan Operasi Lilin untuk mengamankan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Operasi pengamanan dan pengawalan tersebut akan dimulai pada 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Untuk operasi ini sebanyak 129.923 personel TNI-Polri, dan pihak terkait dilibatkan,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat memberikan keterangan usai menghadiri Rapat Kabibet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/12). 

Baca juga : Setan Merah Makin Merana

Menurut Kapolri, akan ada sekitar 176 juta masyarakat yang melakukan pergeseran dalam libut Nataru kali ini. Karena itu, butuh dikelola dengan baik sehingga kegiatan libur Nataru berjalan lancar.

Sigit menambahkan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan kajian dan mempersiapkan langkah-langkah di lapangan. Berkaca pada pengalaman mudik Idul Fitri, Polri juga aka melakukan pengamanan terkait dengan arus mudik dan harus balik pada libur Nataru. Diperkirakan akan ada dua kali puncak mudik yaitu, jelang Natal dan Tahun Baru.

Baca juga : Jelang Libur Nataru, PO Sembodo Buka Rute Baru Jakarta-Wonogiri

“Kami akan melakukan rekayasa lalu lintas seperti one way dan contraflow. Kita pernah punya pengalaman khususnya terkait jalur mudik, maupun jalur balik dalam mengelola pada saat mudik Idul Fitri,” ucapnya. 

Selain itu, Polri akan melakukan pengamanan perayaan malam Natal. “Polri akan dipersiapkan sterilisasi di tempat-tempat ibadah yang akan melaksanakan ibadah Natal, juga memfasilitasi di suatu tempat umat yang melaksaakan ibadah tidak ada tempat. Kewajiban Pemda untuk memfasilitasi,” paparnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.