Dark/Light Mode

Kang Emil Dan Jaro Ade Dongkrak Elektoral Prabowo-Gibran Di Bogor

Rabu, 13 Desember 2023 13:36 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran. (Foto: Istimewa)
Pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survei Pilpres di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Daerah ini dipilih karena selain daftar pemilihnya terbanyak se-Indonesia, juga merupakan tempat tinggal banyak ulama dan habaib.

"Hasilnya Prabowo-Gibran berada di urutan teratas dengan elektabilitas 53,2 persen. Posisi kedua adalah Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 31,8 persen. Posisi ketiga adalah Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas berada di angka 10,5 persen," kata Direktur Sigi LSI Denny JA Ardian Sopa dalam keterangannya, Rabu (13/12/2023).

Tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran karena secara popularitas Prabowo menjadi yang paling dikenal. Sebanyak 99,5 persen pemilih Kabupaten Bogor mengenal Prabowo. Yang mengenal Anies sebesar 97,7 persen, dan yang mengenal Ganjar 96,8 persen.

Baca juga : Resmikan Kantor DPP Prabu, Hashim Paparkan Program Susu Gratis Prabowo-Gibran

Selain itu, Prabowo juga merupakan Capres yang paling disukai. Angka kesukaan terhadap Prabowo sebesar 89,7 persen. Angka kesukaan terhadap Prabowo paling tinggi dibandingkan dengan angka kesukaan yang diraih Anies Baswedan sebesar 82,1 persen, maupun kesukaan terhadap Ganjar Pranowo yang berada di angka 65,3 persen.

Di samping itu, Gibran popularitasnya juga paling tinggi dibanding Cawapres lainnya. Popularitas Gibran sebesar 94,5 persen, Mahfud MD 85 persen, dan Muhaimin Iskandar 81,8 persen.

Dari sisi angka kesukaan, Gibran meraih 70,2 persen, Muhaimin Iskandar 70,0 persen, Mahfud MD sebesar 69,8 persen.

Baca juga : Prabowo-Gibran 70 Persen

Selain faktor internal Capres-cawapres, faktor eksternal yang berpengaruh terhadap elektabilitas Prabowo-Gibran adalah faktor Ridwan Kamil dan Jaro Ade.

Ridwan kamil yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2024 merupakan Cagub terkuat di Kabupaten Bogor.

Begitu pula dengan Jaro Ade yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar untuk maju Pilbup Bogor 2024 merupakan Cabup terkuat di Kabupaten Bogor.

Baca juga : Penampilan Debat Perdana Diprediksi Dongkrak Elektabilitas Prabowo-Gibran

Survei dilakukan pada tanggal 24-30 November 2023. Metodologi survei adalah multistage random sampling. Jumlah responden 440. Margin of error (moe) sebesar 4,8 persen. metode pengambilan data dengan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan isntrumen berupa kuisioner dan simulasi kertas suara Pilpres 2024.

"Pemberian rekomendasi jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran Pilkada, merupakan langkah jitu Partai Golkar untuk menggerakan struktur partai. Pemberian rekomendasi kepada person yang pas akan memberikan dampak. Di Jawa Barat dan Kabupaten Bogor setidaknya memperlihatkan hal tersebut," pungkasnya Ardian.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.