Dark/Light Mode

Mahasiswa Sains Data UPN Veteran Jatim Tingkatkan Literasi Statistika Siswa SMP

Kamis, 14 Desember 2023 15:42 WIB
Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jatim jurusan sains data menggelar KKN yang inovatif di SMP Negeri 35 Surabaya. (Foto: Istimewa)
Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jatim jurusan sains data menggelar KKN yang inovatif di SMP Negeri 35 Surabaya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka meningkatkan literasi statistika di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jawa Timur jurusan sains data mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang inovatif di SMP Negeri 35 Surabaya.

Ketua Kelompok 03 KKN Sains Data Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Divanda Shaffa Ameera mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep statistika kepada pelajaran SMP.

Selain itu, Divanda menambahkan kegiatan ini juga membantu mereka mengembangkan keterampilan analisis data, serta meningkatkan minat mereka terhadap mata pelajaran ini.

"Kegiatan ini sangat menarik perhatian serta antusiasme dari siswa yang ingin lebih mengenal statistik. Selain itu, kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari kepala sekolah dan para guru karena baru pertama kalinya dilaksanakan di sekolah tersebut,“ ujar Divanda dalam keterangannya, Kamis (14/12/2023).

Baca juga : Ribuan Mahasiswa Surabaya Bergerak Lawan Degradasi Demokrasi

Menurutnya, Tim KKN tidak hanya memberikan materi pelajaran statistika secara konvensional, tetapi juga menerapkan pendekatan inovatif untuk membuat pembelajaran lebih menarik.

Siswa menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek, di mana mereka diajak untuk menerapkan dasar statistika melalui tools mudah yang telah disiapkan seperti Datawrapper.

Contohnya, salah satu proyek yang dilakukan oleh siswa SMP adalah melakukan hands-on penghitungan data sederhana menggunakan spreadsheet dan function.

"Dengan bimbingan mahasiswa KKN, siswa kemudian menganalisis data tersebut dan memvisualisasikan menggunakan datawrapper," ujar Divanda.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan Pluit Tingkatkan Kinerja Agen Perisai

Ia melanjutkan, hasil analisis ini kemudian dipresentasikan di depan kelas untuk memberikan kesempatan pada siswa mendiskusikan hasilnya.

Pentingnya literasi statistika tidak hanya terbatas pada keberhasilan akademis, tetapi juga relevan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan pemahaman yang baik tentang statistika, siswa dapat lebih cermat dalam membuat keputusan berdasarkan data, serta mampu memahami dan mengevaluasi informasi statistik yang mereka temui dalam berbagai konteks.

Kegiatan KKN mengajar statistika untuk siswa SMP menurut Davinda, tidak hanya menjadi sarana untuk memberikan pengetahuan statistika kepada pelajar, tetapi juga sebuah langkah inovatif dalam meningkatkan literasi statistika di kalangan generasi muda.

Baca juga : Nadiem Happy, Peringkat Literasi Membaca, Matematika, Sains Indonesia Naik

Divanda menjelaskan, melibatkan siswa dalam pengalaman langsung dengan data dan analisis statistika dapat membantu membentuk pemahaman yang lebih mendalam dan relevan bagi mereka.

"Hal ini membuka kesempatan lebih besar dalam pengambilan keputusan yang berbasis data di masa depan," pungkas Divanda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.