Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Janji Lanjutkan BLT Rp 400 Ribu Dan Beras 10 Kg Ke Warga Di Malang

Kamis, 14 Desember 2023 21:02 WIB
Presiden Jokowi membagikan Bantuan Langsung Tunai BLT El Nino di Kantor Pos Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Kamis, (14/12). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi membagikan Bantuan Langsung Tunai BLT El Nino di Kantor Pos Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Kamis, (14/12). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Malang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Kamis, (14/12). 

BLT tersebut disalurkan untuk mendukung daya beli masyarakat yang terdampak kenaikan harga akibat perubahan iklim.

Dalam dialog dengan penerima manfaat, Presiden mengungkapkan alasan pembagian BLT terkait gelombang panas yang menyebabkan penurunan produksi padi, yang berkontribusi pada kenaikan harga. 

Baca juga : Janji Macan Putih Tak Pulang Dengan Tangan Kosong Di Kandang Persib

"Adanya perubahan iklim, ada gelombang panas sehingga produksi padi menurun, karena produksi padi menurun harga menjadi naik—sedikit naik," ujar Presiden.

Presiden menjelaskan bahwa BLT El Nino senilai Rp 400.000 diberikan kepada penerima manfaat untuk dua bulan alokasi bantuan, diserahkan sekaligus pada bulan Desember. 

"Jadi untuk November sama Desember diambil di bulan Desember, Rp 400 ribu ya? Mau dipakai apa?" tanya Presiden. Beberapa warga menjawab bantuan tersebut untuk membeli sembako.

Baca juga : Erwin Aksa Rayakan HUT Ke-48 Bersama Relawan Di Senayan

Para penerima manfaat juga merupakan penerima Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Presiden menegaskan bahwa bantuan pangan CBP akan terus diberikan hingga bulan Maret 2024. 

"Ini juga penerima beras 10 kilo? Yang September, Oktober, November, Desember sudah diterima? Perlu saya sampaikan nanti akan dilanjutkan Januari, Februari, Maret," ungkapnya.

Presiden menyampaikan kepada masyarakat bahwa perpanjangan bantuan pangan CBP akan tergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Kalau nanti APBN kita cukup akan juga diperpanjang lagi," tambahnya.

Baca juga : Harga Cabe Makin Pedas

Turut mendampingi Presiden adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :