Dark/Light Mode

Titip Pesan Kepada Tiga Capres-Cawapres

ILUNI FTUI Rekomendasikan Panca Naraya Hilirisasi

Jumat, 15 Desember 2023 21:37 WIB
Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI) menggelar seminar yang bertajuk Hilirisasi: Industrialisasi SDA Menuju Indonesia Emas 2045 di Gedung Dekanat FTUI, Depok, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). Foto: Istimewa
Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI) menggelar seminar yang bertajuk Hilirisasi: Industrialisasi SDA Menuju Indonesia Emas 2045 di Gedung Dekanat FTUI, Depok, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI) mendorong Pemerintah untuk memaksimalkan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Rekomendasi Hilirisasi ILUNI FTUI, Tomy Suryatama dalam acara seminar yang bertajuk 'Hilirisasi: Industrialisasi SDA Menuju Indonesia Emas 2045' di Gedung Dekanat FTUI, Depok, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023).

"Mineral kritis, dalam hal ini nikel, tembaga, timah, aluminium, dan sebagainya sudah semestinya memberi nilai tambah dan manfaat demi kemakmuran bangsa dan negara Indonesia," kata Tomy.

Hal ini, tambah Tomy, juga perlu diperhatikan oleh ketiga Capres-Cawapres di Pilpres 2024. Mengingat ketiganya bertekad melanjutkan program hilirisasi yang digagas Presiden Jokowi.

Baca juga : Jadwal Debat Capres Cawapres 2024, Ini Tema, Live TV, Jam Tayang Dan Panelisnya

"Potensi kontribusi pengelolaan SDA yang signifikan sebagai pengungkit perekonomian Indonesia ke depannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Tomy menuturkan terdapat lima harapan (Panca Naraya) yang disuarakan pihaknya untuk ketiga Capres-Cawapres mengenai hilirisasi.

Pertama, membuat dan menjalankan rencana aksi industrialisasi berbasis SDA yang mengutamakan aspek kewilayahan.

Caranya dengan milestone yang terukur agar terwujudnya pembangunan berbasis ekonomi terpadu yang kompetitif, adil, berkelanjutan.

Baca juga : TPN Yakin Debat Capres-Cawapres Jadi Panggung Ganjar-Mahfud

"Juga, memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat dan negara," ucap dia.

Kedua, FTUI juga mendorong Pemerintah membentuk lembaga baru untuk memperkuat kelembagaan yang sudah ada.

"Dengan fungsi untuk menjaminkan pembangunan industrialisasi SDA sesuai dengan milestone yang telah ditetapkan dalam rencana aksi melalui koordinasi, penyelesaian hambatan dan sengketa, serta pengawasan berbasis," lanjutnya.

Berikutnya membangun sistem informasi industri berbasis SDA yang terintegrasi dengan kebijakan tata ruang, perizinan, keuangan atau perpajakan, produksi, logistik, perdagangan, sosio kultural, dan lingkungan.

Baca juga : SPN Bagian Dari KSPI, Dukung Capres-Cawapres Jagoan Partai Buruh

"Tujuannya untuk menjamin transparansi atau visibilitas, efisiensi dan akuntabilitas yang lebih baik," sebut Tomy.

Keempat memperkuat integritas dan kapasitas aparatur penegak hukum yang lebih tegas, adil, dan efektif.

"Terakhir menjadikan inovasi, alih teknologi, pengembangan SDM, dan pelestarian lingkungan sebagai bagian integral dalam rencana investasi dan pelaksanaan pembangunan Industri berbasis SDA, untuk memperoleh manfaat maksimal dan menjamin keberlanjutan," tutur dia.

Dalam acara ini hadir pula perwakilan tim sukses (timses) dari masing-masing Capres-Cawapres periode 2024-2029 sebagai penanggap.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.