Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

SPN Bagian Dari KSPI, Dukung Capres-Cawapres Jagoan Partai Buruh

Selasa, 5 Desember 2023 15:47 WIB
Presiden Partai Buruh Said Iqbal di acara deklarasi SPN mendukung Partai Buruh di Pileg dan Pilpres 2024, di di Hotel Grand Asrillia, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023). Foto: Istimewa
Presiden Partai Buruh Said Iqbal di acara deklarasi SPN mendukung Partai Buruh di Pileg dan Pilpres 2024, di di Hotel Grand Asrillia, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Partai Buruh Said Iqbal, menyambut baik dukungan Serikat Pekerja Nasional (SPN) untuk sepenuhnya mendukung jagoan partai di Pilpres 2024, dan memperjuangkan partai untuk menembus ambang batas Parliamentary Threshold (PT) sebesar empat persen.

"Pada hari ini, menegaskan kembali, bahwa SPN bagian dari Konfederasi Serikat Pekerja Indinesia (KSPI), maka sekaligus menjadi bagian dari Partai Buruh. Jadi, mengikuti keputusan Partai Buruh, bukan yang lainnya," ujar Said Iqbal di acara deklarasi SPN mendukung Partai Buruh di Pileg dan Pilpres 2024, di di Hotel Grand Asrillia, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023).

Said Iqbal menegaskan, jika ada personal SPN yang memilih jagoan Pilpres 2024 selain yang diumumkan secara resmi oleh Partai Buruh, merupakan pilihan individual atau pribadi. Bukan keputusan resmi organisasi.

Sang Presiden mengamini hingga saat ini partainya belum mengumumkan Capres dan Cawapres yang akan didukung di Pilpres 2024.

Baca juga : SPN Deklarasi Menangkan Partai Buruh

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu keputusan rapat Presidium Partai Buruh. Keputusan itu, segera diumumkan dalam waktu dekat. Menurutnya, sejumlah indikator turut menentukan siapa jagoan yang akan dipilih di Pilpres 2024.

Apakah itu paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, atau Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Salah satu indikator itu adalah menggunakan riset lembaga survei Resetindo Barometer pimpinan Asep Saepudin yang diminta secara independen oleh Partai Buruh untuk mengukur elektabilitas ketiga paslon.

"Apa yang disampaikan dalam deklarasi SPN ini, akan dibawa ke dalam rapat Presidium Partai Buruh," ungkapnya.

Baca juga : IPR Usul, Penentuan Format Debat Capres-Cawapres Libatkan 3 Pihak

Menuju kontestasi Pemilu 2024, Said Iqbal menginginkan partainya lolos PT 4 persen, sehingga bisa menempatkan wakilnya di DPR-RI. Harapannya, ketika ada wakil partai di Senayan, maka berbagai isu seputar buruh dan masyarakat bisa tersalurkan dengan baik.

"Untuk isu upah layak, outshorching, reforma agraria, kedaulatan pangan, perlindungan buat buruh perempuan, isu upah naik 15 persen, dan isu kelas pekerja lainnya dapat disuarakan di parlemen. Kalau partai buruh bisa masuk parlemen, semua itu bisa kita wujudkan," tutupnya.

Diketahui, acara deklarasi SPN ini disampaikan oleh Sekretaris Umum (Sekum) SPN, Ramidi.

Ditegaskannya, DPN mendukung penuh Partai Buruh di Pileg dan mengikuti keputusan partai tentang siapa yang akan didukung di Pilpres 2024.

Baca juga : Todung: Pilih Capres-Cawapres Jangan Seperti Beli Kucing dalam Karung

"Atas nama kurang lebih 950 ribu orang buruh, pekerja SPN beserta keluarganya, mendukung, memilih atau mencoblos Partai Buruh di Pemilu 2024," ujar Ramidi.

Di kesempatan ini, Ramidi juga memastikan siap melakukan aksi mogok nasional hingga ditetapkan upah minimum sebesar 15 persen untuk UMP Tahun 2024.

"Kalau tidak dilakukan, maka kami pastikan melakukan mogok nasional berikutnya," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.