Dark/Light Mode

Getaran Terasa Sampai Subang

BMKG: Gempa M4,5 Tegal Dipicu Aktivitas Sesar Lokal

Jumat, 15 Desember 2023 22:45 WIB
Peta lokasi gempa Tegal pada Jumat (15/12/2023) pukul 21.24.34 WIB. (Foto: BMKG)
Peta lokasi gempa Tegal pada Jumat (15/12/2023) pukul 21.24.34 WIB. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumat (15/12/2023) malam ini, tepatnya pukul 21.24.34 WIB , Kabupaten Tegal di Jawa Tengah digoyang gempa bermagnitudo 4,5. Episenter terletak pada koordinat 7.15 LS dan 108.86 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 34 km barat daya Tegal, dengan kedalaman I 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa M4,5 Tegal merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Baca juga : Lestari: Jelang Pemilu 2024, Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Cirebon dengan skala MMI III. Dalam skala ini, gempa dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Tegal, Brebes, Banjar, gempa dirasakan dalam skala MMI II-III. Di Subang, gempa terasa dalam skala MMI II. Dalam skala ini, getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga : Ganjar Teratas Di 3 Survei: Litbang Kompas, SMRC, Dan LSI

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

Sampai pukul 21.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Baca juga : Jembrana Bali Digoyang Gempa M4.1, Kedalaman 10 Km

Terkait hal ini, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (https://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau https:// www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.