Dark/Light Mode

Ganjar Teratas Di 3 Survei: Litbang Kompas, SMRC, Dan LSI

Rabu, 30 Agustus 2023 17:29 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) mendudukkan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, di urutan pertama dalam simulasi tertutup tiga nama.

Ganjar mengungguli dua lawannya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ini merupakan ketiga kalinya Ganjar unggul dalam survei. Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode itu unggul dalam Survei Litbang Kompas dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Baca juga : Mak Ganjar Latih Ibu-Ibu Di Desa Amang Membuat Es Timun Marjan

Dalam simulasi Survei Litbang Kompas, Ganjar dipilih oleh 40 persen responden, sementara Prabowo dipilih oleh 36,8 persen responden, dan Anies didukung oleh 23,2 persen responden.

Sementara dari survei SMRC, Ganjar mendapat dukungan 35,9 persen, sementara Prabowo 33,6 persen dan Anies 20,4 persen.

Sementara hasil survei LSI terbaru, dibandingkan Agustus tahun lalu, kenaikan suara Ganjar cukup signifikan, yakni 5,3 persen.

Baca juga : Banteng Yakin, Ganjar Dapat Restunya Jokowi

"Ganjar unggul di 37 persen pada Agustus 2023, Prabowo di angka 35,3. Anies 22,2 persen, menurun dengan signifikan. Pertarungan terjadi di Ganjar dengan Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan melalui rilis pers daring, Rabu (30/8).

Hasil ini sekaligus menorehkan posisi Ganjar yang kuat mengungguli Prabowo di 3 survei berbeda.

Survei LSI dilakukan pada periode 3 hingga 9 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.220 responden dengan dipilih secara acak atau multistage random sampling.

Baca juga : Head To Head Ganjar Vs Prabowo Dari Survei Terbaru SMRC, Siapa Yang Menang?

Survei memiliki margin of error sebesar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.