Dark/Light Mode

Siap Menangkan Ganjar-Mahfud, Dinasti Nusantara NTB Deklarasikan Dukungan

Sabtu, 16 Desember 2023 10:29 WIB
Deklarasi dukungan untuk pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Foto: Ist)
Deklarasi dukungan untuk pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para raja, ratu, sultan, dan tokoh adat di Indonesia yang berjejaring dalam Dinasti Nusantara melakukan deklarasi dukungan untuk pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Ikrar yang dihadiri Penggagas dan Pendiri Dinasti Nusantara Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II dari Yogyakarta, dan Koordinator Nasional Dinasti Nusantara KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan tersebut digelar di Jalan Sriwijaya, Punia, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Kamis (14/12/2023). 

"Iya ada deklarasi dukungan terhadap Pak Ganjar, harapan kita beliau menjadi presiden. Kami deklarasi untuk mendukung Pak Ganjar bagaimana caranya kita menjadikan Pak Ganjar menjadi presiden," ujar Penasehat Dinasti Nusantara NTB, Datu Anom Lalu M Ali Sadikin. 

Dukungan itu hadir setelah mereka menilik rekam jejak Ganjar-Mahfud yang dinilai sangat peduli terhadap nilai-nilai adat dan kebudayaan. 

Baca juga : Yenny Wahid: Ganjar-Mahfud Paling Dekat Dengan Nilai-nilai Yang Diwariskan Gus Dur

Pasangan nomor urut 3 di Pemilu 2024 itu diyakini mampu memimpin Indonesia ke arah yang lebih baik lagi di masa depan. 

Terutama dalam pelestarian adat dan kebudayaan yang ada di Nusantara, seperti yang selalu diperjuangkan oleh Ganjar selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode. 

"Karena beliau kami lihat ini sangat peduli terhadap nilai-nilai budaya Nusantara, jadi beliau sempat juga berjanji untuk mengangkat nilai-nilai budaya kita ini agar tidak punah," ungkap Datu Anom. 

Menurut dia, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati perbedaan dalam keberagaman serta tidak melupakan adat dan budaya yang ada. 

Baca juga : Atasi Pinjol Dan Judi Online, Ganjar Dorong Adanya Pendidikan Literasi Keuangan

Karena itu, Datu Anom optimistis dapat mendulang 50 persen suara kemenangan untuk Ganjar-Mahfud dari masyarakat NTB. Kesempatan tersebut juga sebagai ajang para raja, ratu, sultan, dan tokoh adat NTB bersilaturahmi untuk mengkonsolidasi dukungan. 

"Kami sih berharap sebanyak-banyaknya bila perlu di atas 50 persen. Mudah-mudahan dengan kita deklarasi seperti ini masyarakat adat se-Nusantara ini bisa ikut deklarasi terhadap Pak Ganjar," ucapnya. 

Senada dengan Datu Anom, Raja Siladenden Lombok, Datu H Lalu Putria S.Pd, M.Pd mengungkapkan bahwa dirinya melabuhkan pilihan untuk Ganjar setelah mempertimbangkan secara matang latarbelakang keseluruhan capres-cawapres di Pemilu 2024.

"Semoga Ganjar-Mahfud menjadi presiden di 2024. Karena terus terang saya melihat bangsa kita saat ini perlu pemimpin yang kuat dan tidak melupakan sejarah," jelas dia. 

Baca juga : Ribuan Nelayan Cilacap Deklarasi Dukung Prabowo

"Harapan saya kepada Ganjar-Mahfud apabila sudah dilantik menjadi Presiden RI harus melihat bangsa Indonesia dari sabang sampai Merauke. Jangan dibeda-bedakan karena bangsa Indonesia ini terkenal menjadi jaya di seluruh dunia karena kebesaran budaya," lanjut dia. 

Usai deklarasi, mereka berkomitmen untuk memenangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 dengan cara-cara yang terhormat dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.