Dark/Light Mode

Yenny Wahid: Ganjar-Mahfud Paling Dekat Dengan Nilai-nilai Yang Diwariskan Gus Dur

Jumat, 15 Desember 2023 22:23 WIB
Yenny Wahid. (Foto: Ist)
Yenny Wahid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putri Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid mengatakan, pasangan capres-cawapres yang paling dekat dengan nilai-nilai yang diwariskan ayahnya adalah paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal ini disampaikan Yenny dalam acara Haul KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ke-14 sekaligus "Berdoa untuk Bangsa" di Karawang, Jawa Barat, Jumat (15/12). Pernyataan tersebut disampaikan Yenny menjawab pertanyaan dari peserta terkait sosok yang harus didukung pada Pilpres 2024 nanti.

"Capres dan cawapres yang paling mendekati nilai-nilai Gusdur dari semua yang ada, itu adalah pasangan Ganjar-Mahfud," kata Yenny yang kini menjadi Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut Yenny, Ganjar Pranowo merupakan sosok yang merakyat dan dekat dengan masyarakat. Keduanya juga datang dari kalangan orang biasa, anti korupsi dan kerjanya cepat.

Baca juga : TPN Heran Spanduk Bergambar Ganjar-Mahfud Raib Sekejap Di Banten

"Pak Mahfud juga dari kalangan pesantren, Pak Ganjar dari kalangan pesantren, Bu Atikoh istri Pak Ganjar dari kalangan pesantren. Nah jadi kalau saya mah gampang di situ jelas kalau saya pasti mendukung pasangan nomor 3, Ganjar-Mahfud," ungkapnya.

Yenny menjelaskan, sebelum dirinya melabuhkan dukungan kepada Ganjar-Mahfud, dirinya telah melakukan riyadhoh spiritual dan bertanya kepada para kiai-kiai. Menurutnya, banyak kiai yang juga mendukung Ganjar-Mahfud setelah istikharah di antaranya KH. Ahmad Muhtadi Dimyathi atau akrab dikenal Abuya Muhtadi dan banyak lagi kiai di Jawa Timur.

"Nah ternyata hasil istikharah beliau sama dengan yang saya dapatkan untuk pasangan nomor 3, ya udah gaskeun," bebernya.

Sebelumnya dalam pidatonya Yenny menyebut bahwa Gus Dur telah meletakkan pondasi demokrasi dan toleransi. "Pancasila ini disetujui para ulama, sesuatu yang mengikat setiap warga negara Indonesia. Dalam Pancasila kita berharap masyarakat mendapat keadilan, masyarakat diperlakukan setara dengan perikemanusiaan, saling menghormati satu sama lain, yang paling utama kita selalu ingat pada Tuhan yang Maha Esa," katanya.

Baca juga : Yenny Wahid Ajak Santri Muda Dan Milenial Ikut Sukseskan Pemilu 2024

Di samping itu, Gus juga menjadi presiden pertama yang membuka istana negara menjadi istana rakyat. "Istana terbuka untuk semua, banyak masyarakat datang masuk ke istana pertama kalinya melihat istana Republik Indonesia. Karena buat Gus Dur, istana untuk kita semua. Kebetulan saja menjadi tempat tinggalnya Presiden. Tapi yang punya ya tetap rakyat Indonesia," ujarnya.

Selanjutnya, Gus Dur juga banyak membuat kebijakan untuk masyarakat diantaranya gaji guru dinaikkan, gaji PNS dinaikkan 200 persen dan lainnya. Selain itu, memastikan bahan baku untuk komoditi untuk hal-hal yang dikonsumsi rakyat Indonesia terjangkau salah satunya kedelai.

"Karena bagi Gus Dur kebijakan harus berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Di sisi yang lain, Gus Dur juga berkomitmen memberantas korupsi di Indonesia. Sehingga akhirnya banyak yang tidak senang dengan Gus Dur kala itu. "Akhirnya kita sama-sama tahu Gus Dur dilengserkan dengan menggunakan tuduhan-tuduhan palsu, tidak ada satu pun yang bisa dibuktikan. Karena tujuannya hanya untuk menyingkirkan. Karena tidak bisa diatur, Gus Dur bilang 'saya kerja ini untuk rakyat, bukan untuk kalian, yang mau garong duitnya rakyat," jelasnya.

Baca juga : 21 Alasan Warga Pilih Ganjar-Mahfud, Paling Bisa Memimpin Jadi Faktor Utama

Gus Dur juga berhasil mengkader banyak tokoh yang jujur di antaranya Baharuddin Lopa dan Mahfud MD. Mereka juga sekaligus yang membantunya di pemerintahan saat menjabat presiden kala itu. "Pak Mahfud yang sekarang menjadi Menko Polhukam itu juga menjadi menteri di zaman Gus Dur untuk menegakkan hukum di Indonesia.Sekarang kalau Pak Mahfud tegas pada koruptor ya karena hasil didikan Gus Dur," tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.