Dark/Light Mode

Debat Pertama, Ganjar Tegaskan Jaga Demokrasi Dan Sikat Korupsi

Selasa, 12 Desember 2023 23:05 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: YouTube KPU RI)
Ganjar Pranowo (Foto: YouTube KPU RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, tampil tegas saat menyampaikan visi-misi dalam debat capres pertama di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (12/12/2023).

Ia bersama pasangannya, Mahfud MD, berkomitmen menjaga menegakkan demokrasi dan memberantas korupsi.

Ganjar menyinggung demokratisasi di Indonesia tidak baik-baik saja.

Baca juga : Debat Capres Sesi Pertama, Ganjar Bawa Belanjaan Masalah Sabang Sampai Merauke

Kebebasan berpendapat masih belum berjalan sebagaimana mestinya. Hal itu lantaran masih adanya diskriminatif terhadap orang-orang yang bersikap kritis.

"Saya mendengar ketika demokratisasi mesti berjalan dan mesti kita jaga bersama. Ada ibu Sinta ketika menyampaikan pendapat harus berurusan dengan aparat keamanan. Ada Melki ketua BEM yang ibunya harus diperiksa," ujar Ganjar.

Ke depan, Ganjar memastikan tidak akan ada lagi tindakan diskriminatif. Dan, pemerintah harus lebih terbuka terhadap kritik dan saran.

Baca juga : Debat Perdana Capres 2024, Ganjar Sat Set, Mahfud Tas Tes

"Maka yang seperti ini harus usai. Dan mereka akan mendapatkan kebaikan-kebaikan kalau government terjadi," tegasnya.

Menurut politikus berambut putih itu, sikap tegas tersebut bisa berjalan dengan baik jika pemerintah bersih dan akomodatif terhadap aspirasi rakyat.

"Semua ini bisa berjalan kalau pemerintah bersih bisa akomodatif dan kita sikat korupsi tidak dengan kata-kata tapi dengan keseriusan," imbuhnya.

Baca juga : Cegah Stunting Pada Bayi, Gibran Center Bagikan Vitamin C Ke Bumil

Capres yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo itu menambahkan, dirinya sangat yakin mampu membawa perbaikan demokratisasi dan penegakan hukum bersama Mahfud MD.

"Pak Mahfud adalah mitra saya yang selama ini sebagai Menkopolhukam mengeksekusi itu dengan baik. Maka kita lakukan itu mohon dukungan rakyat perintahkan kami mengerjakan itu," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.