Dark/Light Mode

UGM Harmoni Pamerkan Karpet Bunga Terbesar Di Pulau Jawa

Rabu, 20 Desember 2023 19:54 WIB
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Gadjah Mada UGM bekerja sama dengan Yayasan Sumbang Kawruh Indonesia (SUKRI) menggelar kegiatan UGM Harmoni. (Foto: Istimewa)
Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Gadjah Mada UGM bekerja sama dengan Yayasan Sumbang Kawruh Indonesia (SUKRI) menggelar kegiatan UGM Harmoni. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Yayasan Sumbang Kawruh Indonesia (SUKRI) menggelar kegiatan UGM Harmoni.

Yaitu, sebuah pertunjukan yang menampilkan instalasi seni merangkai bunga ‘beyond art.’ Kegiatan tersebut, digelar dalam rangka Dies Natalis UGM ke-74.

Terdapat lebih dari 10 instalasi bunga yang akan dipertunjukan dalam kegiatan tersebut seperti sepeda, buku, kipas, trophy, kursi, dan beberapa bentuk rangkaian bunga lainnya, yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis di area Boulevard UGM Yogyakarta pada 18-20 Desember 2023.

Ketua DWP UGM Indun Dewi Puspita menuturkan, instalasi bunga ini memerlukan 77 ribu kuntum bunga klobot jagung dan 30 ribu kuntum bunga segar dari berbagai jenis, bentuk, dan warna yang dirangkai secara bergotong royong oleh kurang lebih 150 sivitas akademika UGM dan relawan.

Baca juga : Pameran Sketsa Hope For Gaza Tetap Menarik Pengunjung IVD 2023

Yang paling menarik dan istimewa dari Harmoni UGM adalah instalasi ‘karpet bunga’ atau hamparan permadani yang terbuat dari susunan bunga-bunga.

“Karpet bunga ini merupakan pertunjukan karpet bunga pertama kali yang diadakan di DIY Jateng dan akan menjadi karpet bunga terbesar yang pernah digelar di pulau Jawa,” ucap Indun dalam keterangan resmi, Rabu (20/12/2023).

Ia mengatakan, selain sebagai simbol keindahan, gelaran instalasi bunga ini  untuk menjadi simbol kolaborasi yang harmonis antara seluruh individu dan komunitas dalam naungan UGM yang berasal dari berbagai latar belakang.

Sekaligus juga menyampaikan pesan-pesan khusus untuk memperingati perjalanan 74 tahun UGM.

Baca juga : Mardiono Beri Bantuan Gerobak Baru Ke Kader Pedagang Bubur Di Pademangan Jakut

Kegiatan ini mendapat dukungan dari beberapa mitra strategis UGM, di antaranya PT Pertamina (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Jamkrindo dan MIND ID.

Dijelaskan Indun, karpet bunga dibuat tidak hanya menggunakan bunga-bunga segar yang indah, namun juga memanfaatkan kembali limbah dari kulit jagung yang sudah tidak terpakai.

“Limbah kulit jagung yang dikenal sebagai klobot disulap menjadi kerajinan bunga yang indah dan ikut menghiasi karpet bunga yang terhampar sepanjang kurang lebih 42 meter di Boulevard Kampus UGM,” katanya.

Hamparan karpet bunga ini bukan sekedar karya seni merangkai bunga yang indah, tetapi juga memiliki misi sosial yang berdampak langsung baik secara sosial dan ekonomi terhadap masyarakat, khususnya pengrajin bunga klobot jagung yang sebagian besar adalah perempuan penyangga ekonomi keluarga.

Baca juga : Tindikan Hidung Terbesar Di Dunia

Rektor UGM Ova Emilia menyampaikan, instalasi bunga merupakan inisasi dari DWP UGM yang dirangkai secara khusus untuk memperingati perhelatan Dies Natalis UGM ke-74.

“Semoga keindahan bunga tersebut dapat mengindahkan hati, pikir, dan laku kita dalam membawa UGM untuk menjaga harmoni bagi kemajuan negeri,” harap Emilia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.