Dark/Light Mode

Perkara Korupsi Andhi Pramono

Simpan Duit Di Singapura, Kesulitan Tukar Rupiah

Kamis, 21 Desember 2023 07:30 WIB
Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat mendengarkan keterangan saksi-saksi perkara Andhi Pramono. (FOTO: YUD/RAKYAT MERDEKA)
Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat mendengarkan keterangan saksi-saksi perkara Andhi Pramono. (FOTO: YUD/RAKYAT MERDEKA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe B Makassar, Andhi Pramono menyimpan uangnya di Singapura. Nurlina Burhanuddin, istri Andhi sempat mencairkan dana Rp 5 miliar.

Fakta ini terungkap setelah jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggali keterangan pemilik dan Direktur Utama (Dirut) PT Sungai Masinti Sejati, Sukur Laidi pada sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2023

Sukur menuturkan kerap ber­temu Andhi sejak awal 2021. Awalnya, perusahannya hendak mendirikan gudang berikat. Sukur kerap mengajak temannya Aju Tjandra, yang menjadi Komisaris PT Global Buana Samudera, perusahaan impor alat berat milik Sukur.

Jaksa mengorek hubungan Aju Tjandra dengan Andhi. “Pernah dengar nggak Aju Tjandra itu ada kaitannya dengan terdakwa, terkait dengan valas? Kalau Saudara tahu, terangkan di sini,” tanya jaksa

Baca juga : Di Depan Warga Kuningan, Prabowo Akan Terus Berjuang Atasi Kesulitan Rakyat

“Jadi gini, Pak Andhi minta carikan orang yang bisa menu­karkan valas ke rupiah,” jawab Sukur.

“Uang valasnya itu uang sia­pa?” cecar jaksa.

“Uang valasnya itu punya Bu Andhi, istrinya. Itu setelah diceritakan Pak Andhi-nya,” kata Sukur, mengemukakan permintaan Andhi.

“Jumlahnya tahu Saudara (jumlahnya)? Apakah 333.330 dolar Amerika?” tanya jaksa lagi.

Baca juga : Nindya Karya-Grand Batang City Bangun Jaringan Air Bersih dan Air Limbah

“Mungkin ya. Perkiraan diru­piahkan lebih kurang Rp 5 miliar tuh,” kata Sukur.

Jaksa lantas bertanya, siapa yang menyampaikan angka tersebut. “Terdakwa,” jawab Sukur

Sukur menuturkan, awalnya Andhi minta dicarikan orang yang bisa menukarkan uang dolar ke rupiah. “Nah, berkali-kali terdakwa ini menanyakan,” ujarnya.

Lantaran tidak tahu, Sukur menyarankan meminta tolong Aju Tjandra. Belakangan, Aju Tjandra mengonfirmasikan dolar tersebut sudah berhasil dirupiahkan.

Baca juga : Penuhi Panggilan KPK, Bambang Tanoe Bungkam

“Jadi, uangnya sudah masuk terus saya lapor ke Pak Andhi. ‘Pak Andhi itu uangnya sudah diterima ke rekening istrinya atau ke notaris itu saya nggak... Begitu ceritanya,” tutur Sukur yang diberitahu Aju Tjandra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.