Dark/Light Mode

Angkat Isu Ekonomi, Debat Cawapres Jadi Ajang Pembuktian Gibran

Kamis, 21 Desember 2023 21:12 WIB
Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Foto: Istimewa
Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai debat Cawapres akan menjadi ajang pembuktian bagi Gibran Rakabuming Raka.

Jamiluddin menilai sebagai Wali Kota Solo, Gibran bersentuhan dengan persoalan yang sama dengan yang dihadapi bupati, gubernur, bahkan presiden.

"Jadi antara wali kota, bupati, gubernur, dan presiden, ruang lingkupnya sama cuma wilayah lebih luas. Artinya, sebagai wali kota tentu dia (Gibran) akan mempelajari aspek itu, ekonomi, bisnis, perdagangan, kesejahteraan, sosial, politik," kata Jamiluddin, Kamis (21/12/2023).

Karena itu, Gibran seharusnya sudah mengetahui substansi dari berbagai persoalan. Gibran juga diyakini sudah mengetahui seluk beluk APBD yang mencakup segenap pengelolaan daerah.

Baca juga : Ganjar Pranowo, Capres Paket Komplet Yang Menggambarkan Indonesia

Berbekal hal itu, Jamiluddin menilai Gibran sudah cukup punya bekal untuk bertarung Tidak perlu gelisah dan khawatir menghadapi debat Cawapres.

"Seharusnya dia sudah punya pengalaman yang nantinya bisa digunakan sebagai materi dalam debat," tambahnya.

Debat Cawapres juga dinilai akan menjadi ajang pembuktian bahwa kemajuan Solo adalah hasil kerja keras. Bukan sekadar bantuan dari Pemerintah Pusat.

Diketahui, Gibran menggenjot pertumbuhan ekonomi Solo dari minus 1,74 persen menjadi 5,3 persen.

Baca juga : Jelang Debat Cawapres, Kaesang Akan Dukung Gibran Lewat Doa 

"Makanya kita harapkan Gibran pada debat cawapres bahwa keberhasilan dia tidak semu, memang riil. Namun, itu kan tidak bisa dengan menunjukkan sekadar omongan, tetapi dia harus menunjukkan bukti kinerja dia di berbagai bidang, salah satunya bidang ekonomi," imbuh dia.

Gibran juga dinilai mendapat keuntungan dengan tema isu ekonomi digital yang akrab di kalangan anak muda.

"Justru kalau Gibran bisa memanfaatkan itu, dia harus kuat membahas ekonomi digital. Dan saya yakin untuk itu, Pak Mahfud dan Cak Imin (Muhaimin Iskandar) kan sudah senior, biasanya hal seperti itu sudah tidak masuk pembahasan intens mereka," tegasnya.

Untuk itu, Gibran dituntut mampu menunjukkan kualitas dan keberhasilan kepemimpinannya dalam bidang ekonomi digital.

Baca juga : Profil Alfito Deannova Gintings, Moderator Debat Cawapres Pekan Ini

"Jadi kalau memang Gibran mau menunjukkan bahwa dia menguasai bidang ekonomi digital tentu dia harus habis-habisan pada sesi itu, sehingga masyarakat akan melihat bahwa dia memang layak," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.