Dark/Light Mode

Pengamat Harap, Capres Gencarkan Program Pembukaan Lapangan Kerja

Kamis, 14 Desember 2023 22:25 WIB
Dari kiri: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, dalam debat Capres, di KPU, Selasa malam (12/12)
Dari kiri: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, dalam debat Capres, di KPU, Selasa malam (12/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Lili Romli berharap kepada seluruh Capres-Cawapres yang bertarung di Pilpres 2024, untuk menggencarkan program yang menyejahterakan rakyat. Caranya, dengan menciptakan lapangan usaha, lapangan pekerjaan, peningkatan pendidikan.

Dengan program ini, kata dia, rakyat bisa keluar dari jerat kemiskinan. "Untuk program bansos diminimalisir," kata Prof Lili, Kamis (14/12).

Baca juga : Prabowo - Gibran Gencarkan Program Kesejahteraan UMKM

Menurut Lili, bansos tidak sepenuhnya mengurai masalah kemiskinan. Pemimpin harus mencari cara agar rakyat lebih berdaya daripada hanya menunggu bansos.

"Jangan biarkan rakyat tetap miskin dengan terus diberi bansos. Cari solusi lebih populis yang bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang," sarannya.

Baca juga : Eks Pegawai KPK Harap Indonesia Dipimpin Presiden Yang Komit Berantas Korupsi

Lili menambahkan, program bansos saat ini seperti sudah melenceng dari tujuan awalnya. Padahal, pendanaan bansos bersumber dari uang rakyat.

"Rakyat harus sadar, bansos bukan uang pribadi tapi uang negara, yang hakekatnya adalah uang rakyat itu sendiri," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.