Dark/Light Mode

Gibran Sebut Wisatawan Yogyakarta Kalah Dengan Solo

Pj Wali Kota: Kami Kejar Kualitasnya

Minggu, 24 Desember 2023 07:50 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. (Foto: Ist)
Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengomentari klaim Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Prabowo Subianto itu menyebut, jumlah wisatawan ke Solo saat ini lebih banyak daripada Yogyakarta saat debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023) malam.

Singgih mengatakan, pihaknya tidak mengejar jumlah wisatawan, tapi meningkatkan kualitas layanan yang diterima wisatawan selama kunjungan.

Baca juga : Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama dengan Saling Jaga dan Hargai

Menurut dia, hal itu penting dilakukan karena kualitas akan memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat Yogyakarta.

“Saat ini, kami tidak mengejarjumlah, tapi lebih kepada quality-nya. Dengan begitu, kehadiran para wisatawan bisa mempu­nyai dampak positif terhadap kehidupan sosial dan perekono­mian (masyarakat),” tegasnya di Yogyakarya, Sabtu (23/12/2023).

Baca juga : Ngopi Bareng, Gen Z Balikpapan Sebut Pemikiran Ganjar Sejalan Dengan Kaum Muda

Lebih lanjut, Singgih mengatakan,peningkatan kualitas wisata dan layanan, tak sekadar berdampak terhadap masyarakat Yogyakarta.

Dia memastikan, langkah tersebut akan membuat para pelancong puas saat berkunjung, dan perputaran uangnya lebih tinggi.

Baca juga : Mimbar Demokrasi Yogyakarta Serukan Tolak Politik Dinasti

Sebagai gambaran, lanjut dia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi arus masuk ke Joga mencapai 7 juta wisatawan selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. Namun, daripada fokus ke angka, pihaknya lebih fokus memaksi­malkan informasi dan layanan, agar manfaatnya dirasakan oleh wisatwan dan masyarakat.

“Kalaupun nanti yang datang itu separuh (dari 7 juta wisatawan), (bila kualitas layanannya maksimal) rata-rata spending money-nya bisa men­capai Rp 2,7 juta per wisatawan, per kunjungan. Mereka spend time di sini itu sekitar 1,5 malam lenght of stay-nya.,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.