Dark/Light Mode

Ganjar Siap Bantu Majukan Industri Batik Tradisional Sukoharjo

Selasa, 26 Desember 2023 19:01 WIB
Calon Presiden Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Calon Presiden Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyatakan komitmennya untuk mendukung keberlanjutan warisan budaya Indonesia.

Hal itu disampaikan Ganjar saat berkunjung ke sentra pengrajin batik tradisional di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

Ganjar, yang mengaku sebagai penggemar batik, mengungkapkan keterkejutannya melihat dedikasi masyarakat Sukoharjo dalam melestarikan tradisi batik secara turun temurun.

Dia bilang, batik Sukoharjo menekankan nilai artistik dan ekonomis.

Baca juga : Toyota Rangga Concept Hidupkan Industri Modifikasi Dan Aftermarket 

"Saya menemukan di Sukoharjo satu tradisi yang masih berjalan, dan dua produksinya cukup bagus. Ketika saya datang ke tempat seperti ini, kebetulan saya penggemar batik, dan harganya sangat terjangkau," ucap Ganjar.

Ganjar meyakini batik Sukoharjo memiliki potensi ekonomi yang besar jika diperkenalkan ke pasar yang lebih luas. Terutama di kota-kota besar.

Menurutnya, nilai jual batik Sukoharjo dapat melonjak. Bahkan, mencapai jutaan rupiah ketika dipasarkan di pusat perbelanjaan besar.

"Kalau sudah sampai di mall atau di toko besar, saya tanya yang paling bagus berapa ini. Ini yang paling bagus detailnya Rp 6 juta, kalau masuk ke kota sudah masuk Rp 12 juta. Kalau sudah jadi baju bisa mencapai Rp 40 juta. Terbayangkan added value-nya?" ungkap Ganjar.

Baca juga : Investor Tertarik Beli 20 Persen Saham BSI

Lebih lanjut, Ganjar juga mengajak para pengrajin batik Sukoharjo untuk berkolaborasi dengan para desainer dan pemilik brand batik terkemuka.

Ganjar berjanji akan memfasilitasi mereka untuk bertemu dengan pemangku kebijakan perbankan, yang dapat memberikan modal usaha.

"Mereka butuh perbankan yang mendukung UMKM. Menurut saya, seperti jaman dulu BRI memiliki unit usahanya hingga ke desa-desa yang mengurus usaha kecil, rasanya perlu dikembalikan lagi agar fasilitas UMKM dapat berjalan," tegas Ganjar.

Kunjungan Ganjar Pranowo ke Sukoharjo bukan hanya sekadar kampanye politik, tetapi juga menjadi momentum untuk merayakan dan memajukan kekayaan budaya Indonesia.

Baca juga : Laskar Trisakti 08 Blusukan Sebar Biskuit Dan Susu

Melalui komitmennya, Ganjar memberikan harapan baru bagi pengrajin batik tradisional Sukoharjo, sambil membawa semangat baru bagi perkembangan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.