Dark/Light Mode

Roy Maningkas Jawab Kritik Mahfud Ihwal Makan Siang Gratis

Senin, 1 Januari 2024 08:34 WIB
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Roy Maningkas. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Roy Maningkas. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Program makan siang gratis kandidat Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak luput dari sasaran kritik. Salah satunya, datang dari Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD yang mempertanyakan prospek ke depan program ini.

Sontak, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Roy Maningkas angkat bicara dan mencoba merincikan maksud baik program unggulan jagoannya di Pilpres 2024 itu.

"Menurut pikiran saya, Pak Mahfud kurang mengerti apa makna dari program makan siang gratis yang secara bertahap akan dilakukan oleh Pak Prabowo-Gibran," ujar Roy Maningkas, kepada RM.id, Senin (01/01/2024).

Baca juga : Menangkan Capres, Parpol Masih Setengah Hati

Dewan Pembina Tim 8-RJBBP ini memastikan, program makan siang gratis dipastikan memiliki dampak baik bagi masyarakat. Dari kesehatan anak-anak dalam pertumbuhan dan Ibu-ibu hamil.

Kemudian, program ini terintegrasi dengan program kesehatan masyarakat lain secara menyeluruh. Seperti preventive healthcare yang tidak terpisahkan dari program makan siang yang bergizi.

Menilik data Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Tahun 2020, angka stunting di Indonesia cukup tinggi. Mencapai 6,3 juta balita. Salah satu penyebabnya adalah, kurangnya asupan makanan yang bergizi dan seimbang.

Baca juga : Ini Cara TKN Prabowo-Gibran Jalankan Program Makan Siang Gratis

Roy juga menjelaskan, jika jagoannya menang dan program ini direalisasikan, akan berdampak baik kepada aspek ekonomi masyarakat.

"Kita lihat dari multiplier aspek ekonominya adalah program makan siang gratis Prabowo-Gibran. ini akan punya dampak besar untuk menunjang ekonomi umkm yang saat ini berkontribusi pada PDB (Product domestik Bruto) cukup besar yakni 61 persen," jelasnya.

Roy memastikan, pihak UMKM dilibatkan dalam program makan siang gratis ini dari hulu sampai hilir. Artinya, mulai dari bahan baku, proses produksi dan logistik serta pendukung lainnya sudah pasti ada dan nantinya diambil dari yang disediakan oleh petani dan peternak lokal.

Baca juga : PDIP DKI Mau Bangun Posko

"Bayangkan ada tambahan uang kemasyarakat sebesar Rp 350 sampai 400 triliun pertahun dan akan naik secara gradual. Jadi sebaiknya Pak Mahfud jangan sembarang bicara mengenai program makan siang gratis Prabowo-Gibran kalo tidak paham, apa lagi sampai dibilang tidak jelas prospeknya," ucapnya.

Roy juga memberikan contoh negara yang akan melakukan program serupa dengan Prabowo-Gibran. Di Inggris, setiap 1 pound sterling yang diinvestasikan pada program makan siang gratis, mereka perhitungkan memberikan return 1,7 pound .

"Artinya, program makan siang gratis ini bukan program ngarang, Inggris saja dan berapa negara Eropa akan jalankan program ini karena bukan hanya mendapatkan masyarakat yang sehat dan produtif tapi juga ada nilai pengembalian ekonomisnya," paparnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.