Dark/Light Mode

Anies Napak Tilas Ke Rumah Kakek, Tunjukkan Ruang Persembunyian Dari PKI

Senin, 1 Januari 2024 22:33 WIB
Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan bersama keluarga besarnya berkunjung ke rumah kakeknya, AR Baswedan di Yogyakarta, Senin (1/1). (Foto: Ist)
Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan bersama keluarga besarnya berkunjung ke rumah kakeknya, AR Baswedan di Yogyakarta, Senin (1/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, mengunjungi rumah kakeknya AR Baswedan di Taman Yuwono, Nomor 19 Yogyakarta, Senin (1/1).

Kedatangannya ini membuka lembaran kenangan yang sarat sejarah. Hal itu dilakukan sebelum berziarah ke makam orangtuanya di Makam UII, Jalan Kaliurang Km. 14,5.

Di rumah kakeknya yang juga pahlawan nasional kemerdekaan Indonesia itu, Anies menunjukkan bagian-bagian bersejarah di rumah tersebut.

Baca juga : Konflik Meluas, Pemerintah Siapkan Skema Pemulangkan WNI Dari Lebanon

Di pojok belakang rumah bagian atas misalnya. Di tempat itu, kata Anies pernah menjadi tempat persembunyian AR Baswedan dari ancaman PKI. 

"Di bagian atas ini ada tempat di atas plafon untuk kakek bersembunyi jika sewaktu-waktu ada ancaman dari PKI," cerita Anies, Senin (1/1).

Anies juga menceritakan tentang ruang tengah yang menjadi tempat berkumpul keluarga dan menjadi saksi bisu keguyuban keluarga besar Anies. 

Baca juga : Menginap Di Rumah Warga, Ganjar Sarapan Bareng Petani Sambil Serap Aspirasi

"Ruang ini dulu terasa besar. Bahkan saat Idul Fitri menjadi tempat berkumpul sanak keluarga hingga 60-an orang," ujar dia.

Anies juga kemudian berfoto di pojok ruang tengah bersama ibundanya Prof Emeritus Aliyah yang menapaktilasi foto memori ulang tahunnya yang pertama. 

Lalu Anies dan keluarga berfoto pada bagian di antara dua jendela di ruang tengah rumah bersama keluarga. "Kekhasan kalau foto di rumah ini, tandanya adalah jendela ini. Jadi kita foto di bagian jendela ini," ujar Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini.

Baca juga : Air Doa Nyai Ainur Rohmah Untuk Atikoh Di Pengajian Akbar Surabaya

Aktivitas foto bersama anggota keluarga pun kemudian dilakukan di seputar dua  jendela di ruang tengah dengan menghadap ke bagian dalam dan ke bagian luar di samping rumah dari sisi jendela.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.