Dark/Light Mode

Kenang Rizal Ramli, Mahfud: Kita Semua Kehilangan

Rabu, 3 Januari 2024 17:27 WIB
Kenang Rizal Ramli, Mahfud: Kita Semua Kehilangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres 03 Mahfud MD mengungkap rasa kehilangan yang mendalam, atas wafatnya mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli pada Selasa (2/1/2024).

"Saya berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian sahabat saya, Rizal Ramli. Kita semua kehilangan. Dunia aktivisme, dunia intelektualisme, dunia pergerakan, civil society, kehilangan seorang tokoh besarnya," tutur Mahfud via Instagram, Selasa (2/1/2024).

Baca juga : Nginap di Rumah Warga, Ganjar Janjikan Harga Sembako Terjangkau

Terakhir, Mahfud berjumpa dengan Rizal Ramli pada 28 September 2023. Dalam acara ulang tahun Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Hotel Sopo del Tower, Kuningan, Jakarta.

"Saya bergurau dengan beliau di situ. Berpelukan, saling cerita-cerita, beliau mash tampak segar. Almarhum bagi saya tidak semata sahabat, tetapi juga partner yang baik, dalam hal berpandangan yang sama dan saling mendukung, maupun dalam hal berbeda pandangan dan saling mengkritik," ungkap Mahfud.

Baca juga : Kisah Anies Baswedan, Rizal Ramli, Aksi Demo Dan Mesin Fax

"Pada pokok-pokok ide yang besar, saya dengan Mas Rizal selalu sama, untuk negara dan masyarakat. Dalam hal yang sifatnya taktis operasional, kami bisa berbeda. Kita bisa saling mendukung dan saling mengkritik. Alfatihah.. Selamat jalan, Mas Rizal Ramli," imbuh Mahfud, yang juga menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Rizal Ramli yang lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954 adalah ekonom senior dan tokoh pergerakan mahasiswa Indonesia era 1977-1978.

Baca juga : Sudirman Said: Rizal Ramli Aktivis Dan Pejuang Sejati

Rizal Ramli pernah menjabat Menko Kemaritiman, menggantikan Indroyono Soesilo sejak 12 Agustus 2015 hingga 27 Juli 2016.

Sebelumnya, ayah tiga anak dan kakek dua cucu itu dipercaya menjadi Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Indonesia (23 Agustus 2000 - 12 Juni 2001) dan Menteri Keuangan (12 Juni 2001 - 23 Juli 2001.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.