Dark/Light Mode

Gempa Tektonik M3,5 Getarkan Pangandaran, Ini Penjelasan BMKG

Kamis, 4 Januari 2024 14:49 WIB
Peta lokasi gempa Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (4/2/2024). (Foto: BMKG)
Peta lokasi gempa Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (4/2/2024). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa tektonik M3,5 mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024) pukul 13:54:57 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa ini terletak pada koordinat 8.01 LS dan 107.89 BT. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah barat daya Pangandaran, pada kedalaman 28 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Pangandaran ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar di bawah laut.

Baca juga : Agar Tepat Sasaran, PDIP Dorong Pembentukan Panja Penyaluran Bansos

Mengacu peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Cipatujah, Sindangkerta, Cikatomas, Cijulang, dan Pangandaran dengan skala || MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Gempa Susulan

Hingga pukul 14:27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Rekomendasi

Baca juga : Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Banten, Apa Berpotensi Tsunami? Ini Kata BMKG

Terkait hal tersebut, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Hartantyo mengimbau masyarakat agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Hartanto.

Kanal komunikasi yang telah terverifikasi itu mencakup Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG, website https://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau https:// www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, atau Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.