Dark/Light Mode

Turun Ke Pasar, Atikoh Pastikan Ganjar-Mahfud Sejahterakan Petani

Kamis, 4 Januari 2024 15:15 WIB
Istri Calon Presiden Capres Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti saat kunjungannya ke Pasar Besar Madiun, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024). Foto: Istimewa
Istri Calon Presiden Capres Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti saat kunjungannya ke Pasar Besar Madiun, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Istri Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menjanjikan harga sembako bakal murah jika suaminya bersama Mahfud MD diamanahkan sebagai Presiden Dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Hal itu disampaikan Atikoh saat turun ke pasar tradisional untuk mendengar keluhan para pedagang sembako dan masyarakat.

Mula-mula, Atikoh dicurhati mengenai mahalnya harga sembako karena jumlah pasokan yang kurang. Atikoh mengakui, kenaikan harga tidak hanya menyulitkan masyarakat yang menjadi konsumen. Para pedagang kecil juga ikut terhimpit.

"Yang jual saja pusing, apa lagi yang beli ya, pusing," ujar Atikoh, dalam kunjungannya ke Pasar Besar Madiun, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024).

Baca juga : Indef Dukung Ganjar-Mahfud Dorong Penguatan Sektor Pendidikan Vokasi

Atikoh mengaku dirinya kerap mendapati harga jual hasil panen cenderung lebih rendah.

"Beberapa kali saya ke lapangan ada terkonfirmasi ketika panen dijual, harganya lagi turun karena supply demand, ketika panen otomatis banyak barang sementara permintaan tetap otomatis. Ini akan turunkan harga," ungkapnya.

Masyarakat, terutama petani berada dalam kondisi serba salah. Sebab, jika harga meningkat, petani malah menjadi konsumen. Lantaran tak menyisihkan sebagian hasil pangan untuk kebutuhan keluarga mereka sendiri.

"Ketika panen harga jualnya rendah, lha ketika harga naik, petani jadi konsumen. Itu yang bikin nyesek," tegas dia.

Baca juga : Atikoh Ganjar: Masyarakat Dan Pedagang Butuh Stabilisasi Harga

Dia menekankan pentingnya kebijakan yang berpihak kepada nasib para petani. Salah satunya melalui pemberian subsidi. Diharapkan kebijakan subsidi benar-benar menjawab kebutuhan petani.

"Memang harus ada subsidi kepada para petani. Subsidinya benar-benar disesuaikan kebutuhan dari petani. Harapannya nanti harga itu bisa benar-benar berpihak pada petani juga kepada masyarakat," terangnya.

Menurut Atikoh, sembako yang melimpah dengan harga murah menjadi prioritas Ganjar-Mahfud. Dia menjelaskan, duet tersebut sudah memiliki berbagai program unggulan guna menjamin ketersediaan pasokan dan menjaga stabilitas harga.

Salah satu program Ganjar-Mahfud untuk menjaga stabilitas harga pangan, yakni memperkuat keberadaan Bulog. Dengan begitu, dia optimistis stabilitas maupun ketersediaan pangan berpihak kepada para petani.

Baca juga : Lewat Program Semua Pasti Kerja, Ganjar-Mahfud Janji Genjot Hilirisasi Industri

"Ini kalau program Pak Ganjar ya. Ini saya sedikit ngulik itu ingin memperkuat posisi Bulog. Agar stabilitas harga, ketersediaan pangan itu benar-benar bisa pro kepada petani," pungkas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.