Dark/Light Mode

Lewat Program Semua Pasti Kerja, Ganjar-Mahfud Janji Genjot Hilirisasi Industri

Rabu, 3 Januari 2024 17:07 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjamin adanya perluasan lapangan pekerjaan dan daya serap tinggi. (Foto: Instagram @ganjarpranowo)
Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjamin adanya perluasan lapangan pekerjaan dan daya serap tinggi. (Foto: Instagram @ganjarpranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjamin adanya perluasan lapangan pekerjaan dan daya serap tinggi industri terhadap tenaga kerja. Sehingga, semua lulusan pasti mendapatkan pekerjaan.

Wakil Deputi II Generasi Y dan Z Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Achyar Al Rasyid menerangkan jagoannya akan memperluas lapangan kerja hingga 17 juta. Ini, ditegaskan Achyar adalah sebuah keharusan.

"Ini akan dirancang melalui sebuah peta jalan yang terukur dan jelas. Baik dan secara regulasi maupun cara-cara inovatif yang tidak biasa untuk membuka investasi perekonomian, dan melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi,” kata Achyar, Rabu (3/1/2024).

Baca juga : Dengarkan Curhat Perajin Asal Jepara, Ganjar Janjikan Beri Kemudahan Modal

Achyar menjelaskan, lewat Program Semua Pasti Kerja, Ganjar-Mahfud akan mempersiapkan tenaga kerja berkompeten.

Caranya dengan memberikan kegiatan pembekalan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas di bidang yang tepat.

"Anak-anak muda dan calon pekerja pekerja disiapkan agar memenuhi kualifikasi bekerja di industri nasional dan global, ataupun berwirausaha," ucapnya.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Janjikan Pekerjaan Ringan Bagi Lansia Yang Masih Mau Kerja

Menurut Achyar, pembukaan 17 juta lapangan pekerjaan baru di Indonesia bukan sesuatu yang mustahil. Apalagi, Indonesia kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

“Nanti di bawah Ganjar dan Mahfud MD akan melakukan langkah afirmasi. Hal pertama adalah lapangan pekerjaan yang dibuka harus lebih banyak untuk masyarakat Indonesia dan lokal di daerah itu.

Lalu, proses bisnis penunjang yang dihasilkan dari berjalannya hilirisasi industri, perlu dipastikan oleh Pemerintah diisi oleh anak-anak muda kreatif di wilayah sekitar,” beber Achyar.

Baca juga : Pakar Apresiasi Program Sekolah Digaji, Lulus Pasti Kerja Yang Diusung Ganjar-Mahfud

Dia bilang, memanfaatkan potensi lain yang dapat diwujudkan untuk memperbaiki lingkungan sekitar akibat dampak dari hilirisasi industri merupakan cara lain untuk menyerap tenaga kerja.

"Perlu juga dilibatkan anak-anak muda di wilayah lokal sehingga bertambah lagi potensi pekerjaan yang bisa dihasilkan," pungkas Achyar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.