Dark/Light Mode

Ubek-ubek Gudang Berikat

Kejagung Sita Gula Impor

Minggu, 7 Januari 2024 07:30 WIB
Aktifitas bongkar muat gula impor di salah satu pelabuhan. (Foto: Ist)
Aktifitas bongkar muat gula impor di salah satu pelabuhan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita sejumlah gula dalam penggeledahan di kawasan gudang berikat di Dumai, Riau.

Penggeledahan ini terkait penyidikan kasus korupsi pem­berian izin impor gula periode 2015 hingga 2022.

“Iya, geledah di Dumai. Di kawasan berikat, terus pabriknya (juga digeledah). Kemarin tim sudah selesai,” ungkap Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) Kejagung Kuntadi pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Baca juga : Kejagung Telusuri Pengadaan Pagar

Penggeledahan dilakukan selama dua hari berturut-turut pada Kamis dan Jumat, 4 dan 5 Januari 2024. Hasilnya, tumpukan dokumen dan gula disita tim penyidik, baik dari gudang maupun dari pabrik gula.

Tapi Kuntadi tak menerangkan berapa nilai barang bukti gula yang disita. Dia berdalih, jajarannya masih melakukan penghi­tungan untuk angka pastinya.

Kuntadi mengemukakan mendapat informasi terkait rencana barang yang masuk ke kawasan berikat di Dumai. Tak mau kecolongan, ia langsung menerjunkan tim ke lokasi hingga meng­geledah sejumlah tempat.

Baca juga : Sekjen Gibran Center: Sudah Teruji, Gibran Bakal Berikan Kejutan Dalam Debat

“(Soal) geledah, kita lihat ada indikasi barang masuk,” imbuhnya.

Penggeledahan ini sempat diungkapkan JAM Pidsus Kejagung Febrie Adriyansah sebelumnya. Namun, ia tak mengungkap lokasi pastinya, sekadar mengatakan penggeledahan di beberapa titik lokasi.

“Sekarang anak-anak itu lagi konsentrasi di Riau. Ada beber­apa titik lagi digeledah. Terkait perkara importasi gula,” ujarnya pada Kamis (4/1/2024).

Baca juga : Di Sidang PBB, Retno Keras Soal Gaza

Kegiatan penggeledahan ini adalah yang kedua kalinya dalam penyidikan perkara korupsi pem­berian izin impor gula. Gedung Kemendag di Jakarta adalah lokasi pertama yang digeledah tim penyidik JAM Pidsus. Ada tiga ruangan yang digeledah, yaitu ruang Direktur Impor, ruang Tata Usaha Menteri, dan ruang Ketua Tim Impor Produk Pertanian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.