Dark/Light Mode

Gandeng Polri, Keamanan Industri Dan Satpam Dukung Pemilu Aman Dan Damai

Rabu, 10 Januari 2024 13:40 WIB
HUT Satpam ke-43, Polri, Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (APJASI), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), dan berbagai asosiasi sekuriti lainnya di Indonesia menggelar seminar nasional. (Foto: Istimewa)
HUT Satpam ke-43, Polri, Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (APJASI), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), dan berbagai asosiasi sekuriti lainnya di Indonesia menggelar seminar nasional. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-43, Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (APJASI), Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), dan berbagai asosiasi sekuriti lainnya di Indonesia menggelar seminar nasional "Peningkatan Kompetensi Satpam dan Sinergi Keamanan menuju Pemilu Aman dan Damai" di Jakarta International Equestrian, Rabu (10/1/2024).

Seminar ini menyoroti pentingnya Industrial Security dalam melindungi aset perusahaan, serta langkah-langkah preventif dan penanganan potensi ancaman menjelang Pemilu 2024.

Ketua Umum APJASI Leonard Abdul Aziz, menyampaikan bahwa seminar ini adalah upaya untuk meningkatkan keahlian dan kesiapan Satpam dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks.

"Kami berfokus pada peningkatan kompetensi yang komprehensif untuk memastikan Satpam tidak hanya siap dari segi fisik, tetapi juga memiliki kemampuan analitis dan teknis," ujar Leonard dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

Sementara itu, Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Mohammad Fadil Imran mengatakan, peranan Satpam dalam menjaga keamanan nasional sangat signifikan.

Baca juga : Kembangkan Industri Kesehatan, Silo Dorong Peningkatan Layanan Spesialisasi

Menurutnya, kolaborasi dengan kepolisian selama ini telah banyak membantu dalam menjaga stabilitas dan keamanan, terutama dalam situasi kritis seperti menjelang pemilu.

"Kami berharap melalui seminar ini dapat tercipta sinergi yang lebih kuat antara Satpam dan kepolisian, terutama dalam mengamankan proses demokrasi seperti Pemilu 2024," ujarnya.

Menurutnya, kolaborasi ini akan memperkuat keamanan nasional dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga APINDO Sarman Simanjorang, mengatakan keamanan merupakan salah satu pilar utama dalam menjaga kelancaran operasional industri.

Dengan meningkatnya tantangan keamanan, peran Satpam menjadi lebih krusial dari sebelumnya.

Baca juga : Lelang Jabatan Eselon I Dan II Kementan Ramai Peminat Dari Luar

"Melalui seminar ini, kami ingin menekankan pentingnya keamanan industri dan bagaimana Satpam dapat berperan aktif dalam memastikan keamanan tersebut, tidak hanya dari aspek fisik tetapi juga dalam hal intelijen dan analisis risiko," ungkap Sarman.

Selain itu, di sela acara dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara APJASI dan ABUJAPI.

MoU ini ditujukan untuk menetapkan standar kompetensi pengamanan industri, memastikan bahwa setiap Satpam memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan efektif. Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas layanan keamanan di Indonesia.

Dalam acara ini, dilakukan juga pemberian penghargaan kepada Satpam berprestasi sebagai pengakuan atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam menjaga keamanan.

Penghargaan ini bertujuan untuk menghargai upaya dan pengorbanan Satpam yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam menjalankan tugas mereka, serta untuk mendorong standar keamanan yang lebih tinggi di seluruh industri.

Baca juga : Didukung ADB, SMF Terbitkan Obligasi Dan Sukuk Perdana

Ketua Umum Asosiasi Pengguna Jasa Security Indonesia (Apjasi), Leonard Abdul Aziz mengatakan, profesi satpam kini lebih dari sekadar pengamanan, melainkan juga berperan dalam menjalankan tugas kepolisian terbatas.

Menurutnya, satpam memiliki peranan penting dalam menciptakan kondisi aman dan tertib selama Pemilu 2024.

"Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memastikan bahwa proses pemilu berlangsung dalam kondisi yang kondusif, deKeterlibatan satpam di samping petugas kepolisian menunjukkan upaya bersama dalam menjaga integritas pemilu di Indonesia," ujar Leonard.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.