Dark/Light Mode

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Waspadai Potensi Banjir Lahar Dingin

Senin, 15 Januari 2024 06:51 WIB
Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT kembali mengalami erupsi pada Senin (15/1/2024) pukul 05.25 WITA. (Foto: PVMBG)
Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT kembali mengalami erupsi pada Senin (15/1/2024) pukul 05.25 WITA. (Foto: PVMBG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi pada Senin (15/1/2024) pukul 05.25 WITA.

Tinggi kolom letusan teramati ± 700 m di atas puncak (± 2.284 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat, dengan intensitas tebal ke arah utara dan timur laut.

Perlu diketahui, sejak 9 Januari 2024 pukul 23.00 WIB, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Provinsi Nusa tenggara Timur, menjadi Level IV (Awas).

Baca juga : Gunung Lewotobi Laki-Laki Batuk Lagi, Hindari Radius 4 Km Dari Pusat Erupsi

Terkait hal tersebut, PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki, serta pengunjung/wisatawan, agar tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 4 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. Juga sektoral 5 km ke arah barat laut-utara dan timur laut.

Masyarakat diminta tenang dan mengikuti arahan Pemda, serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Jika terjadi erupsi dan hujan abu, masyarakat diimbau tetap berada di dalam rumah. Apabila berada di luar rumah, disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Baca juga : Pagi Ini, Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Letusan 700 M

Tak kalah penting, masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi juga harus mewaspadai potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Pemda senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pulolera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi di Bandung.

PVMBG akan selalu berkoordinasi dengan BPBD NTT dan Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) setempat dalam memberikan informasi tentang kegiatan Gunung Lewotobi Laki-laki.

Baca juga : Berstatus Level IV, Gunung Lewotobi Laki-Laki Di NTT Erupsi Lagi

Untuk informasi lebih jelas, dapat menghubungi Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki atau mengubungi PVMBG Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada nomor telepon 022-7272606.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.