Dark/Light Mode

Puncak Musim Hujan Berpotensi Banjir

Waspadai Petir, Angin Kencang Dan Hujan Es

Selasa, 2 Januari 2024 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara)
Ilustrasi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di Jakarta dan sekitarnya akan terjadi pada Januari-Februari 2024. Itu artinya, awal tahun ini akan berpotensi terjadi banjir.

Koordinator Bidang Predik­si dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan, perkiraan ini berdasar­kan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Banjir besar di Ja­karta kerap terjadi di awal tahun.

“Kenapa bisa seperti itu? Karena memang pada Januari-Februari itu periode puncaknya musim hujan untuk wilayah DKI,” kata Miming saat acara Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan di Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Jepang Gempa M7.6, Korsel Waspada Tsunami Di Gangneung Dan Pohang

Hal senada diungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Dia mengatakan, puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan terjadi awal tahun 2024.

Dwikorita bilang, jika dibandingkan dengan normal puncak musim hujan, puncak musim hujan 2023/2024 di sebagian besar daerah diperkirakan sama dengan normalnya, yakni sebanyak 351 Zona Musim (ZOM) atau 50,21 persen.

Menurutnya, durasi musim hujan 2023/2024 di sebagian besar wilayah diperkirakan terjadi selama 10-24 dasarian, yaitu sebanyak 430 ZOM (61,52 persen). Dasarian adalah satuan waktu meteorologi, yang la­manya adalah sepuluh hari.

Baca juga : Praktik Percaloan Ditengarai Penyebab Tingginya Pengangguran Di Karawang

“Bila dibandingkan dengan normal durasi musim hujan, du­rasi musim hujan 2023/2024 di sebagian besar daerah Indonesia diperkirakan lebih pendek terhadap normal, yaitu sebanyak 439 ZOM (62,80 persen),” ujarnya.

Dia pun meminta warga mewas­padai kemungkinan terjadi cuaca ekstrem pada masa peralihan musim hujan ke musim kemarau.

“Cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan. Mulai hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es,” ingatnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.