Dark/Light Mode

Gunung Marapi Di Sumbar Erupsi 36 Detik, Warga Sekitar Diminta Pakai Masker

Jumat, 5 Januari 2024 15:14 WIB
Gunung Marapi di Sumbar mengalami erupsi pada Jumat (5/1/2024) pukul 12.18 WIB. (Foto: PVMBG)
Gunung Marapi di Sumbar mengalami erupsi pada Jumat (5/1/2024) pukul 12.18 WIB. (Foto: PVMBG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) yang saat ini berstatus Level II (Waspada) dilaporkan mengalami erupsi pada Jumat (5/1/2024) pukul 12:18 WIB. Tinggi kolom abu tidak teramati.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8.3 mm dan durasi ± 36 detik.

Baca juga : Gunung Ibu Di Halmahera Erupsi, Tinggi Kolom Letusan 1.000 Meter

Terkait hal tersebut, Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung/wisatawan/pendaki, agar tidak memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi, diimbau agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar, terutama saat musim hujan.

Baca juga : Baliho Diprotes Warga, Caleg Golkar Dhifla Wiyani Angkat Bicara

"Untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik, masyarakat yang berada di sekitar Gunung Marapi diminta menggunakan masker pelindung mulut dan hidung, serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit," demikian imbauan PVMBG, Jumat (5/1/2024).

Jangan lupa, amankan sarana air bersih, jika terjadi hujan abu. Bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal, agar tidak roboh.

Baca juga : Gunung Dukono Di Halmahera Erupsi, Tinggi Kolom Letusan 4.000 Meter

Tak kalah penting, masyarakat yang ada di sekitar Gunung Marapi dan seluruh lapisan masyarakat, diimbau untuk menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Ikuti selalu arahan dari Pemerintah Daerah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.