Dark/Light Mode

Kurangi Emisi Karbon, PASMAT Bagikan Ratusan Bibit Buah

Selasa, 16 Januari 2024 17:52 WIB
Paguyuban Alumni SMA Tanjungkarang (PASMAT) membagikan sejumlah bibit pohon buah-buahan kepada masyarakat di area CFD di sekitar Senayan, Jakarta, pada Minggu (14/1/2024). (Foto: Istimewa)
Paguyuban Alumni SMA Tanjungkarang (PASMAT) membagikan sejumlah bibit pohon buah-buahan kepada masyarakat di area CFD di sekitar Senayan, Jakarta, pada Minggu (14/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah polusi dan mengurangi emisi karbon.

Salah satunya dilakukan oleh Paguyuban Alumni SMA Tanjungkarang (PASMAT). Mereka membagikan sejumlah bibit pohon buah-buahan kepada masyarakat di area Car Free Day (CFD) di sekitar Senayan, Jakarta, pada Minggu (14/1/2024).

Ketua Umum PASMAT Ahendar mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian terhadap isu global, yaitu perubahan iklim.

Baca juga : Kolaborasi BNI dan IPPAT Hadirkan Pembuatan KTA Berbasis Rekening

"Dengan tajuk Raga Sehat, Lingkungan Bersahabat, diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk peduli kesehatan dan terus bergerak dalam aksi pengurangan emisi karbon melalui penanaman pohon yang berdampak baik secara berkelanjutan," kata Ahendar dalam keterangan resminya, Selasa (16/1/2024).

Menurut Ahendar, kegiatan ini mendapat dukungan dari lintas generasi yang ada di PASMAT.

Selain itu, PASMAT juga terlibat dan menggelar berbagai aksi sosial dan lingkungan di beberapa provinsi di Indonesia.

Baca juga : Kunjungi Bali Utara, Gibran Janji Bakal Lakukan Pemerataan Pembangunan

Sejak didirikan tahun 1968, anggota PASMAT saat ini diperkirakan mencapai ribuan orang, tersebar di seluruh Indonesia dan berada di berbagai sektor, seperti wirausaha, profesional, akademisi, Pemerintahan, TNI, dan Polri. Beberapa di antaranya merupakan tokoh nasional di berbagai bidang.

Ahendar memastikan akan menggelar kegiatan serupa secara berkala.

"Kami juga berencana untuk melakukannya di Lampung, tentunya bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di sana. Semua program ini adalah dari kita, oleh kita, dan untuk Indonesia," tegasnya.

Baca juga : KPK Usut Dugaan Korupsi Di PT Pelni, Rugikan Negara Belasan Miliar Rupiah

Ketua Tim Pelaksana Yanti AKP menambahkan, Tim telah memilih berbagai bibit pohon buah yang dibagikan ke masyarakat. Yaitu, jambu kristal, jambu jamaica, rambutan, durian, kelengkeng, dan mangga.

"Rata-rata buahnya mudah untuk ditanam dirumah sendiri agar hasilnya dapat dirasakan," ucap Ahendar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.