Dark/Light Mode

Kantor OIKN Senilai Setengah Triliun Punya Pusat Komando Dan Layanan Satu Pintu

Rabu, 17 Januari 2024 15:44 WIB
Kantor OIKN Senilai Setengah Triliun Punya Pusat Komando Dan Layanan Satu Pintu

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk peletakan batu pertama, Rabu (17/1). Kali ini untuk gedung Kantor Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Proyek dengan nilai konstruksi mencapai Rp 509 miliar atau setengah triliun ini mencakup gedung utama, gedung data center, dan infrastruktur kawasan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kawasan kantor OIKN tidak hanya menjadi tempat bekerja pegawai OIKN, tetapi juga dilengkapi dengan pelayanan terpadu satu pintu. 

Baca juga : Senam Bareng Srikandi Lampung, Atikoh: Dapat Hormon Bahagia Dan Silaturahminya

"Gedung ini akan menjadi tempat bekerjanya para pegawai OIKN yang juga ini akan dilengkapi dengan pelayanan terpadu satu pintu," kata Presiden.

Jokowi juga menyampaikan bahwa gedung dengan kapasitas 600 orang ini berdiri di lahan seluas 28 ribu meter persegi.

Nantinya, gedung ini akan dilengkapi dengan pusat komando (command center) dan urban gallery untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat secara real-time. 

Baca juga : Prabowo: Saya Pertaruhkan Nyawa Membela Merah Putih

Ia berharap pembangunan ini dapat meningkatkan kinerja OIKN, agar makin terorganisasi dan optimal.

"Karyawan bisa bekerja lebih nyaman dan produktif untuk mendukung pengembangan IKN mewujudkan Ibu Kota Nusantara yang kita cita-citakan," harapnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto turut hadir dalam acara peresmian tersebut. 

Baca juga : Hadapi Tantangan Tahun Politik, PT Cemindo Gemilang Kedepankan Solusi Inovatif

Tampak juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Selain menghadiri peletakan batu pertama kantor OIKN, Jokowi juga diagendakan melakukan peletakan batu pertama Masjid Nusantara IKN, Memorial Park IKN hingga hotel ke 6 di IKN: Jambuluwuk Nusantara Hotel di hari yang sama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.