Dark/Light Mode

Gunung Marapi Erupsi 44 Detik, Hindari Radius 4,5 Km Dari Kawah Verbeek

Minggu, 21 Januari 2024 06:41 WIB
Gunung Marapi Erupsi 44 Detik, Hindari Radius 4,5 Km Dari Kawah Verbeek

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Marapi yang terletak di antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kotamadya Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) dilaporkan mengalami erupsi pada Minggu (21/1/2024) pukul 05.13 WIB.

Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Erupsi terekam di seismograf, dengan amplitudo maksimum 18,4 mm dan durasi 44 detik.

Terkait hal tersebut, Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan masyarakat di sekitar Gunung Marapi, serta para pendaki/pengunjung/wisatawan, agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Baca juga : Gunung Lewotobi Laki-Laki Batuk Lagi, Hindari Radius 4 Km Dari Pusat Erupsi

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi, juga diminta agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar, terutama di saat musim hujan.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Di samping mengamankan sarana air bersih, serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Seluruh pihak diminta agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Baca juga : Gunungapi Marapi Meletus, Warga Diminta Menjauh Radius 4,5 Km Dari Pusat Erupsi

Masyarakat diimbau selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah.

Pemerintah Daerah Kota Bukit Tinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam diminta agar senantiasa berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung atau dengan Pos Pengamatan Gunung Marapi di Jl. Prof. Hazairin No.168 Bukit Tinggi, untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas Gunung Marapi.

Masyarakat, instansi pemerintah, dan instansi terkait lainnya diharapkan dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Marapi melalui aplikasi android Magma Indonesia, website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau https://magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (Facebook, X - dahulu Twitter -, dan Instagram).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.