Dark/Light Mode

Oase KIM Salurkan Bantuan Bagi Korban Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki

Sabtu, 27 Januari 2024 15:07 WIB
Foto: OASE KIM
Foto: OASE KIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (Oase KIM), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat melalui Bidang IV TP-PKK Pusat bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyalurkan bantuan bagi pengungsi korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan korban bencana puting beliung Desa Ilepadung Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Saat ini, data pengungsi menurut BPBD per 23 Januari 2024 sebanyak 6.302 jiwa yang tersebar di beberapa kecamatan.

Yaitu, Kecamatan Wulanggitang, Kecamatan Titehena, Kecamatan Demonpagong, Kecamatan Ile Bura, Kecamatan Larantuka, Kecamatan Ile Mandiri, Kecamatan Solor Barat, dan Kabupaten Sikka.

Jumlah bantuan yang disalurkan meliputi 200 boks susu, 4 ribu masker, 1.000 paket peralatan mandi, 1.000 paket peralatan makan, 1.500 baju kaos gebrak masker, 50 kasur busa, 100 selimut ukuran 120 x 180 cm, 100 ember, 100 gayung, 200 trash bag.

Juga, paket bahan makan untuk dapur umum berupa sayur mayur, bumbu dapur, telur, gula, garam, kecap, dan bumbu masak.

Baca juga : Airlangga: Jaga Daya Beli Dan Tekan Inflasi

Lokasi pertama yang menjadi fokus penyaluran bantuan berlokasi di Posko Pengungsian Boru yaitu SD Kristen Kemiri.

Penyerahan bantuan ini didukung juga oleh Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana Kebakaran, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

Ketua Bidang IV TP-PKK Pusat Safriati Safrizal menyerahkan bantuan secara langsung kepada para pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki.

Lokasi penyaluran bantuan selanjutnya berlokasi di SMP Wulanggitang, dengan rincian bantuan yang disalurkan meliputi susu, masker, kaos, paket perlengkapan mandi, paket perlengkapan makan, selimut, kasur busa, ember, serta gayung.

"Pelaksanaan penyerahan bantuan hari pertama berlangsung dalam kondisi cuaca ekstrim berupa hujan dan angin kencang di lokasi pengungsian," kata Safriati dikutip Sabtu (27/1/2024).

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Di 7 Kabupaten/Kota

Aksi penyaluran bantuan dilanjutkan di Posko Pengungsian Konga. Ada 77 orang anak usia 2-5 tahun dan 11 orang ibu hamil pada lokasi ini.

Pembina Oase Iriana Jokowi bersama Ketua Umum Oase Tri Tito Karnavian memberikan banyak perhatian kepada pengungsi khususnya ibu dan anak-anak agar tetap terjaga nutrisinya dan mendapatkan susu selama di pengungisan.

Adapun, total bantuan susu yang diberikan oleh Oase Kabinet Indonesia Maju sebanyak 200 box susu atau 32 ribu sachet yang didistribusikan ke beberapa lokasi melalui 4 titik posko.

Yaitu, Posko Boru di SD Kristen Kemiri, SMP Wulanggitang, Posko Boru di Desa Konga, dan Posko di Desa Bokang.

Selain ke lokasi pengungsian, didistribusikan juga bantuan bahan makanan dan bumbu dapur kepada Dapur Umum di beberapa lokasi di Posko Boru dan Posko Konga.

Baca juga : Airlangga Pastikan Stok Beras Aman

Bantuan yang didistribusikan berupa telur, gula, ikan cakalang segar, kentang, kol, wortel, labu, bawang bombay, ikan teri, bumbu instan, kecap, garam, bumbu dapur dan bubuk teh.

Selanjutnya di Desa Ilepadung, Kecamatan Lewolema yang mengalami bencana angin puting beliung, Tim PKK Pusat dan Kemendagri menyerahkan bantuan berupa kasur, selimut, pampers, telur, beras, mie instan, gula, dan minyak goreng.

Safriati mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian yang sangat penting dilakukan dan menjadi perhatian.

"Karena, masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan puting beliung di Desa Ilepadung membutuhkan bantuan untuk menunjang kegiatan sehari-hari pasca bencana," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.