Dark/Light Mode

Meski Yang Ditangkap Masih Teri

KPK Mulai Bergeliat Lagi

Minggu, 28 Januari 2024 08:38 WIB
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Antara)
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai diterpa banyak masalah hingga pergantian di pucuk pimpinan, KPK kini mulai bergeliat lagi. KPK mulai lagi menggelar Operasi tangkap tangan (OTT) dan kebut penyelesaian sejumlah kampus. Meski kasus yang ditangani KPK saat ini masih tergolong teri.

Beberapa bulan terakhir, citra baik KPK di mata publik. Ketimbang mengungkap kasus kakap, lembaga anti rasuah itu lebih sibuk dengan urusan internalnya. Mulai dari polemik Firli Bahuri, hingga urusan pungli oleh oknum petugas Lapas di KPK.

Namun, Jumat (26/1/2024) sore, KPK baru saja melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Dalam OTT kali ini, pelaku yang kena ciduk masih kelas teri. Mereka merupakan aparatur sipil negara di lingkungan Pemkam Sidoarjo.

Baca juga : Eks Anak Buahnya Ditersangkakan KPK, Imin: Biarkan Saja

Sebagian di antara mereka ada yang bertugas memonitori target, menyita barang bukti, hingga menyegel salah satu ruangan di Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo di Jalan Pahlawan. Sedangkan sebagian lainnya bertugas mengirim para terduga korupsi ke Jakarta untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri membenarkan pihaknya telah melakukan giat tangkap tangan di Sidoarjo. Termasuk para terduga korupsi yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN). “Yang kami peroleh informasinya beberapa ASN,” kata Ali Fikri.

Ali merinci ada sekitar 10 ASN yang diciduk. Sebagian dari mereka masih menjalani pemeriksaan di Sidoarjo. “Sekitar 10 orang yang diperiksa,” tambah Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu.

Baca juga : Survei SPI: PDIP dan Gerinda Masih Teratas, Perindo Berpeluang Lolos ke Senayan

Operasi senyap itu, diungkapkan Ali, merupakan pengembangan berdasarkan laporan masyarakat yang dieksekusi KPK. “Terkait dugaan adanya pemotongan pembayaran insentif pajak dan retribusi daerah di sana,” jelas pria berlatarbelakang jaksa itu.

Selain OTT, belakangan ini KPK juga lagi menyelesaikan beberapa kasus. Mulai dari pungutan liar (pungli) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang KPK. Ditambah membongkar kasus rasuah pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tahun anggaran 2012.

Dalam perkara tersebut, lembaga yang dipimpin Nawawi Pomolango itu resmi menahan mantan Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kemenaker periode 2011-2015.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.