Dark/Light Mode

Ini Lho Rangkaian Acara Harlah ke-101 NU Di Yogyakarta Mulai Minggu Sampai Rabu

Minggu, 28 Januari 2024 15:41 WIB
Ketua Panitia Pelaksana Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama Syarif Munawi. (Foto: Ist)
Ketua Panitia Pelaksana Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama Syarif Munawi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Panitia Pelaksana Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama Syarif Munawi menyampaikan sejumlah rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ormas Islam terbesar di Indonesia, di Yogyakarta mulai hari ini, Minggu 28 Januari sampai Rabu 31 Januari 2024.

Harlah yang bertepatan dengan 16 Rajab 1445 Hijriah ini, sebutnya akan dimulai dengan istigasah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Bantul, Yogyakarta. 

"Doa bersama ini untuk memohon pertolongan Allah bagi kemaslahatan NU dan Indonesia," kata Syarif Munawi, dalam keterangannya, Sabtu (27/1).

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan Halaqah Nasional Strategi Peradaban NU di Pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta, besok, Senin (29/1).

Halaqah ini melibatkan empat pembicara, antara lain, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, Wakil Rais Aam PBNU KH Afifuddin Muhajir, COO Center for Shared Civilizational Values, North Caroline, USA H Muhammad Cholil dan pengajar di Boston University, USA Prof Robert W Hefner.

Baca juga : TC Di Yogyakarta Jadi Ajang Evaluasi Skuad Pesut Etam

Sementara Konferensi Besar (Konbes) NU akan diselenggarakan di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Selasa (30/1). Fokus Konbes kali ini adalah membahas Peraturan Perkumpulan (Perkum) yang mengatur dasar dan wewenang pembahasan dan penetapan hukum, metode, proses pengambilan keputusan, dan lainnya.

Hal lain yang dibahas adalah perihal Perkum tentang pengelolaan fasilitas kesehatan, serta penyempurnaan Perkum tentang permusyawaratan dan pengukuran kinerja.

Puncak perayaan Harlah ke-101 NU akan di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta pada Rabu (31/1). Dalam kalender Masehi, harlah NU kali ini adalah yang ke 98.

Setidaknya ada 7 rangkaian acara di puncak Harlah ke-101 NU di UNU Yogyakarta ini, yaitu:

1.    Prosesi Peresmian Gedung Kampus Terpadu UNU Yogyakarta oleh Presiden Jokowi,

Baca juga : Jelang Lawan Madura United, Persis Solo Gelar TC Di Yogyakarta

2.    Penyerahan Penghargaan kepada KH Ahmad Shiddiq (Rais Aam PBNU 1984-1991) sebagai Tokoh Pelopor Persaudaraan Kemanusiaan,

3. Prosesi Kickoff Pembangunan MBZ College for Future Studies,

4.    Prosesi Peresmian Galeri Seni Nusantara,

5.    Peresmian Industry Hub oleh Presiden Jokowi,

6.    Pertunjukan Teknologi Imersif: Ekspedisi Masa Depan,

Baca juga : Hore, Rakyat Kecil Bakal Digratisin Iuran Sampah

7.    Penampilan Teatrikal “NU Masa Depan”,

Selain presiden Jokowi, acara ini juga akan dihadiri oleh menteri Kabinet Indonesia Maju, Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab Sheikh Suhail Mohammed Al Mazroei, duta besar dari beberapa negara, serta tamu-tamu kehormatan lain yang merupakan mitra strategis UNU Yogyakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.