Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Papua, BMKG Beberapa Kali Revisi Kekuatannya

Rabu, 24 Januari 2024 22:10 WIB
Ilustrasi pusat gempa Magnitudo 5,2 di Papua, Rabu (24/1) malam. (Foto: BMKG)
Ilustrasi pusat gempa Magnitudo 5,2 di Papua, Rabu (24/1) malam. (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini dengan magnitudo 5.2 mengguncang wilayah Keerom, Papua pada Rabu malam (24/1), pukul 21:39 WIB. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa terletak pada koordinat 4.04 lintang selatan dan 141.49 bujur timur, dengan kedalaman mencapai 61 kilometer. 

Guncangan ini terjadi sekitar 111 kilometer di sebelah tenggara Keerom.

Baca juga : Gempa M7,0 Guncang Perbatasan China-Kyrgyzstan, Pusat Gempa Di Xinjiang

Sejauh ini, BMKG terpantau sudah beberapa kali merevisi kekuatan magnitudo gempa tersebut. Dari magnitudo 5,1, 5,2, 5,5 hingga terakhir sampai berita ini ditulis, turun menjadi M 5,0.

"Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," kata BMKG, Rabu (24/1).

Meskipun gempa ini memiliki magnitudo yang cukup signifikan, kedalaman yang relatif dalam dapat mempengaruhi dampak guncangan di permukaan. 

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Ternate, Apakah Berpotensi Tsunami?

Gempa dengan kedalaman yang dalam cenderung memiliki dampak yang lebih terbatas dibandingkan dengan gempa dengan kedalaman dangkal.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa tersebut. 

Pusat gempa di wilayah yang jarang dihuni dapat berperan dalam mengurangi risiko kerusakan signifikan. 

Baca juga : Liburan Usai, Maciej Gajos Bersiap Kembali Ke Jakarta

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti. Oleh karena itu, tindakan mitigasi bencana dan peningkatan kewaspadaan terhadap potensi gempa sangat penting. 

Masyarakat di daerah sekitar episenter dan wilayah yang mungkin terdampak diminta untuk tetap tenang dan mengikuti prosedur evakuasi jika diperlukan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.