Dark/Light Mode

Bertemu Jokowi 10 Menit, Mahfud Cerita Disebut Sebagai Menko Polhukam Terlama

Kamis, 1 Februari 2024 20:40 WIB
Mahfud MD saat menyampaikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana, Jakarta, Kamis (1/2/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden)
Mahfud MD saat menyampaikan keterangan pers usai bertemu Presiden Jokowi di Istana, Jakarta, Kamis (1/2/2024). (YouTube/Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahfud MD menghadap Presiden Jokowi saat mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam, di Istana, Jakarta, Kamis (1/2/2024) sore. Usai pertemuan, Mahfud menceritakan isi perbincangan dengan mantan Walikota Solo itu. Salah satunya soal dirinya yang disebut sebagai Menko Polhukam terlama sepanjang pemerintahan Jokowi. 

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat memberikan keterangan pers usai bertemu Jokowi di Kantor Kepresidenan, Jakarta. Saat menyampaikan keterangan, Mahfud didampingi Mensesneg Pratikno

Baca juga : Pamitan Ke Jokowi di Istana, Mahfud: Kami Sama-Sama Tersenyum

Kata Mahfud, pertemuan dengan Jokowi itu berlangsung penuh keakraban, kekeluargaan dan senyum. Pembicaraan intinya, hanya berlangsung sepuluh menit. Namun obrolan berlangsung lama karena membahas hal lain seperti menceritakan saat awal-awal bekerja dengan Jokowi. 

Kata Mahfud, dalam pertemuan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Presiden karena mendapat tugas sebagai Menko Polhukam. Kata Mahfud, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepadanya karena sudah menjalankan tugas. 

Baca juga : Mahfud Temui Jokowi Sore Ini Serahkan Surat Pengunduran Diri Dari Menko Polhukam

"Bahkan Pak Presiden mengatakan bahwa Pak Mahfud ini adalah Menko Polhukam terlama dalam sepanjang pemerintahan Pak Jokowi,” kata Mahfud. 

Menurut Presiden, kata Mahfud, Menko Polhukam sebelum-sebelumnya yakni Tedjo Edhy Purdijatno menjabat tidak sampai satu tahun. Menko Polhukam selanjutnya Luhut Binsar Panjaitan hanya menjabat setahun empat bulan, lalu Wiranto menjabat sekitar tiga tahun enam bulan, sedangkan dirinya menjabat selama sekitar 4,5 tahun. 

Baca juga : Mahfud Mundur, Istana: Fungsi Kemenko Polhukam Tetap Berjalan Baik

Mahfud menyatakan pengunduran dirinya dari jabatan menteri karena perkembangan politik, yang mengharuskannya fokus kepada tugas lain. “Karena perkembangan politik memang saya harus fokus ke tugas lain, sehingga saya mohon berhenti,” tuntasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.