Dark/Light Mode

Bang Zaki Sukses Majukan Tangerang Lewat Kota Mandiri

Kamis, 1 Februari 2024 20:45 WIB
Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)
Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan, setiap daerah memiliki peluang ekonomi yang berbeda-beda. Maka dari itu, pemerintah daerah perlu memahami kondisi, kebutuhan serta potensi di wilayahnya.

Bang Zaki, sapaan akrabnya, sudah menerapkannya saat dirinya menjabat Bupati Tangerang dua periode (2013-2023). Kabupaten Tangerang sebagai kota penyangga sukses menjelma menjadi kawasan maju melalui pembangunan kota-kota mandiri yang terintegrasi.

"Pada 2021 kita berhasil mencatat di angka 4,63 persen dan 2023 naik jadi 5,47 persen. Perlahan-lahan ekonomi di daerah terus bangkit karena banyaknya potensi ekonomi yang ada, seperti kota mandiri," jelas di Jakarta, Kamis (1/2).

Baca juga : Sesjen Kemendikbudristek Serukan Peningkatan Kinerja Organisasi Lewat Kolaborasi

Diketahui bahwa Kabupaten Tangerang diproyeksikan pemerintah pusat sebagai kawasan industri sekitar tahun 1970-an untuk mendukung perekonomian nasional. Namun karena adanya pergeseran kebutuhan, Bang Zaki mengubah arah pembangunannya ke sektor properti.

Berkat hal itu, Kabupaten Tangerang pun menjadi daerah yang menggiurkan untuk para investor. Dirinya sukses menggandeng para pengembang untuk berinvestasi di Tangerang, hasilnya kini telah lahir 9 kota satelit yang turut membantu ekonomi rakyat tumbuh.

Kota mandiri tersebut antara lain BSD City, Lippo Karawaci, Citra Raya, Paramount Petals, Summarecon Serpong, Suvarna Sutera, Tangerang New City, Citra Maja Raya serta PIK 2. Melalui kehadiran kota satelit ini tentu membuka lapangan kerja di area tersebut.

Baca juga : BNPT Gandeng PT SMI Siapkan Smart Farming Di KTN Turen

Lantas untuk mendukung hal tersebut, Bang Zaki membuat Balai Latihan Kerja (BLK) agar masyarakat lokal bisa terserap sekaligus kebutuhan tenaga kerja terpenuhi. Salah satu yang dibangun terletak di Kecamatan Kosambi untuk menopang PIK 2.

"BLK ini fokus peningkatan kualitas tenaga kerja, terutama bidang jasa. Pelatihan seperti supir hingga chef dilakukan, karena kota satelit membutuhkan pekerja dengan skill khusus. Daerah lain juga nanti dibuatkan BLK untuk mendukung kota satelit," tutur Caleg DPR RI DKI Jakarta Dapil 3 tersebut.

Melalui kota mandiri ini, Bang Zaki pun berhasil menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT). Bahkan untuk pertama kalinya, BPS Kabupaten Tangerang mencatat TPT berada di level 1 digit, yaitu 8,45 persen pada 2014. Pada akhir kepemimpinannya, TPT Tangerang berhasil berada di level 7,88 persen.

Baca juga : Jokowi Tunjukkan Tulisan Besar Aturan Presiden Kampanye

"Kita memang harus berani untuk melakukan transformasi, perlu lihat mana peluang yang bisa kita ambil untuk meningkatkan ekonomi. Jadi untuk memimpin sebuah daerah, jangan takut mengambil langkah," tutup Bang Zaki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.