Dark/Light Mode

KPU Tambah Waktu Segmen Penutup Debat Capres Terakhir Jadi 4 Menit

Jumat, 2 Februari 2024 20:16 WIB
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan penambahan waktu untuk segmen penutup debat capres terakhir, dari 2 menit menjadi 4 menit.

Anggota KPU, August Mellaz mengatakan keputusan penambahan waktu segmen keenam ini diambil setelah menerima usulan dari tim sukses masing-masing pasangan capres atau cawapres dalam rapat evaluasi terakhir dan rapat koordinasi.

"Kami sudah kelola itu, dan kami sudah atur," kata Mellaz di Gedung KPU, Jakarta, dilansir ANTARA, Jumat (2/2).

Baca juga : Debat Capres Terakhir 2024: Jadwal, Tema, Moderator, dan Live Streaming

Ia menjelaskan bahwa penambahan waktu untuk pernyataan penutup atau clossing-statement para capres tersebut tidak mengubah total waktu pelaksanaan debat, yang tetap 120 menit. 

"Kalau dari sisi waktu, yang kita concise (ringkas) itu dari sisi moderator-nya. Jadi tidak mengurangi keseluruhan alur debat," tambahnya.

Menurutnya, penambahan waktu dalam debat capres/cawapres bukan hal baru. Hal yang sama pernah terjadi pada pelaksanaan debat capres tahun 2019. 

Baca juga : Kapan Debat Capres Terakhir? Ini Jadwal, Tema, Moderator Dan Link Live Streaming

"Itu juga bagian dari pengalaman-pengalaman yang ada," ujar Mellaz.

Debat kelima ini, para capres yakni Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3), akan membeda tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Andromeda Mercury dan Dwi Anggia akan memandu Debat Capres terakhir tersebut. Stasiun televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV, dan Net TV.

Baca juga : Prabowo Akan Kuasai Panggung Debat Terakhir

Debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan pada 12 Desember 2023, diikuti oleh debat kedua cawapres pada 22 Desember 2023, debat ketiga capres pada 7 Januari 2024, dan debat keempat cawapres pada 21 Januari 2024.

Rangkaian debat capres-cawapres kelima di JCC, Senayan, pada 4 Februari 2024, menjadi debat terakhir. 

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 akan berakhir pada 10 Februari 2024, dengan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.